Dialog Interaktif Komunikada, Bupati Demak Usung Tema ‘Demak Menuju Kabupaten Pramuka’
>
>
Dialog Interaktif Komunikada, Bupati Demak Usung Tema ‘Demak Menuju Kabupaten Pramuka’

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir didampingi oleh Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto menjadi narasumber Dialog Interaktif Komunikasi Kepala Daerah (KOMUNIKADA) yang disiarkan secara langsung RRI Semarang dan Radio Suara Kota Wali (RSKW). Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Demak pada Jum’at (23/11) tersebut mengusung tema ‘Demak menuju Kabupaten Pramuka’.
“Melalui RRI Semarang ini kita sampaikan pencanangan program Demak menuju Kabupaten Pramuka,” ungkap Natsir. Ia menjelaskan bahwa pramuka merupakan kegiatan yang bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa. Secara usia Pramuka digolongkan menjadi lima kategori. Antara lain, siaga untuk usia 5 sampai dengan 10 tahun, penggalang untuk anak SMP, Penegak untuk usia SMA, Pandega untuk mahasiswa dan Pembina untuk dewasa.
Dengan pramuka masyarakat dituntut untuk berkarya. Di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melalui pramuka diharapkan kegiatan di OPD dilakukan dengan senang sehingga pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. “Kami tekankan kepada OPD untuk cintai pekerjaan. Kalau kita bekerja dengan senang maka akan selesai dengan bahagia,” ujarnya.
Wabup melanjutkan, Pemerintah Kabupaten Demak sendiri sangat concern terhadap pramuka, yaitu dengan dibangunnya sanggar pramuka dengan sarana kelengkapannya pada tahun 2017 lalu. Selain itu juga akan dibuat bumi perkemahan Kebonbatur pada 2019 mendatang.
Untuk mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, lanjut Wabup, Kwartir Cabang Demak membentuk Satuan Karya Pramuka (SAKA). Diantaranya saka Bhayangkara, Saka bakti Husada, Saka Kalpataru, Saka Pariwisata, Saka wirakartika, Saka Widya Budaya Bhakti, Saka Kencana, Saka Bahari, Saka Taruna Bumi dan Saka Pustaka.
“Dengan dibentuknya Satuan Karya Pramuka, diharapkan kemandirian masyarakat akan terwujud. Dengan mandiri masyarakat akan mampu mengatasi permasalahan itu sendiri tanpa bergantung pada orang lain,” harapnya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart