Buka Training SDM Dapur Umum, Wabup Minta Tingkatkan Kewaspadaan
>
>
Buka Training SDM Dapur Umum, Wabup Minta Tingkatkan Kewaspadaan

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto secara resmi membuka Pelatihan /Training Sumber Daya Manusia (SDM) dapur umum di Aula BPBD Kabupaten Demak, Selasa (27/11). Dalam sambutannya Wabup memperingatkan bahwa saat ini sudah memasuki musim penghujan. “Mari kita tingkatkan kewaspadaan kita terhadap curah hujan tinggi yang disertai angin kencang,” serunya.
Joko menjelaskan bahwa salah satu cara mengantisipasi penanggulangan bencana yaitu dengan mendirikan dapur umum. Dapur umum yang biasanya didirikan di dekat lokasi bencana bertujuan untuk meringankan para korban dalam mengatasi ketersediaan pangan. Untuk itu, Wabup berpesan kepada 50 peserta training supaya membentuk tim yang solid dan saling bersinergi untuk menumbuhkan masyarakat yang tangguh bencana.
Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak Drs. Agus Nugroho, LP dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka hadapi terjadinya bencana alam di Kabupaten Demak seperti banjir, tanah lingsor, kebakaran dan angin puting beliung yang mengakibatkan penderitaan bagi masyarakat Kabupaten Demak. Selain itu, untuk meringankan para korban bencana tersebut, BPBD mempunyai tugas pokok untuk memberikan pertolongan pertama dalam bentuk situasi darat.
Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut Agus, untuk memperlancar pemenuhan kebutuhan penanganan bagi para korban bencana perlu diselenggarakan dapur umum. Dapur umum merupakan dapur lapangan yang diselenggarakan untuk menyediakan, menyiapkan makanan yang dapat didistribusikan dan langsung ke para korban dalam waktu yang cepat dan tepat.
“Untuk dapat meningkatkan kemampuan dapur umum maka diadakan pelatihan ini,” ungkap Agus. Lebih lanjut Ia menuturkan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk memberikan pelatihan dan meningkatkan pemahaman terhadap peserta terkait menejemen penyelenggaraan dapur umum di lapangan. Serta untuk meningkatkan kapasitas ketrampilan personil BPBD dalam penyelenggaraan dapur umum di lapangan.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu dihadiri Kasi Logistik BPBD Provinsi Jawa Tengah. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart