Penuntasan Pendidikan PAUD Di Demak
>
>
Penuntasan Pendidikan PAUD Di Demak

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir menyaksikan penandatanganan komitmen bersama penuntasan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) minimal satu tahun pra Sekolah Dasar oleh semua stakeholder Kabupaten Demak di Aula Budi Utomo Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Rabu (12/12). “Dengan demikian seluruh anak laki-laki dan perempuan di Demak usia 5 sampai 6 tahun berhak mengenyam pendidikan selama setahun sebelum memasuki Sekolah Dasar,” kata Bupati.
Lebuh lanjut orang nomor satu di Demak itu menyampaikan, Pendidikan karakter memang sebaiknya dimulai sejak dini. Melalui pendidikan anak usia dini, anak-anak akan mendapatkan berbagai contoh dan kegiatan positif yang akan di ingat dan praktikkan dalam kehidupannya. “Saya harap pembelajaran yang di dapatkan anak di PAUD/ play group/ TK sesuai dengan yang diajarkan di lingkungan rumah anak. Sebab, meski pendidikan anak usia dini ini berpengaruh penting bagi perkembangan anak, namun peran orang tua lah yang paling penting sebagai pendidik utama bagi anak tidak dapat tergantikan,” ungkap Natsir.
Lebih lanjut Natsir menjelaskan, pengalaman belajar di PAUD akan membantu anak untuk lebih siap dalam menerima pelajaran formal di bangku pendidikan Sekolah Dasar. Setiap anak perlu mendapatkan pendidikan anak usia dini pada usia pra sekolah. Salah satu tujuannya adalah melatih anak agar terbiasa terhadap rutinitas dan kegiatan-kegiatan terstruktur. Anak yang sebelumnya mendapatkan pendidikan di PAUD akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam berkomunikasi saat sekolah nanti. Hal ini dikarenakan ia sudah terbiasa untuk bermain, belajar, hingga makan bersama dengan teman yang memiliki usia sebaya.
Sementara, Kepala Bidang PAUD dan PNF Dindikbud Kabupaten Demak Dra. Afida Aspar, MM mengatakan, penandatanganan komitmen tersebut bertujuan untuk meningkatkan layanan PAUD bermutu untuk anak yang akan masuk SD, meningkatkan dukungan dari Stakeholder terhadap penuntasan PAUD pra SD sebagai komitmen daerah serta mendukung Pemerintah Daerah dalam memperkuat komitmen penuntasan PAUD Pra SD.
Ia juga mengatakan bahwa sebanyak 76 satuan PAUD yang ada di Demak sudah terakreditasi. Hal itu menunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten Demak dalam mendukung program yang dicanangkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2016 lalu.
Afida mengaku Pemerintah sangat memperhatikan Pendidikan anak Paud dengan menyalurkan Dana Desa sebesar 20 persen yang dialokasikan untuk PAUD. “Kami juga mengucapkan terimakasih atas Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD dari Pemerintah pusat semoga kualitas pendidikan PAUD semakin baik,” pungkasnya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart