Tahun 2019, Angka Kelahiran Total di Demak Harus 2.08 %
>
>
Tahun 2019, Angka Kelahiran Total di Demak Harus 2.08 %

DEMAK – Target Total fertility Rate (TFR) Kabupaten Demak pada tahun 2019 harus 2,08 %. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes saat Pembinaan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) se Wilayah Kabupaten Demak di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu (12/12).
Sebagai ujung tombak pengendalian penduduk, Sekda Demak minta kepada segenap kader PPKBD untuk bekerja maksimal. “Terus edukasi masyarakat tentang pentingnya KB. Ajak masyarakat untuk ber-KB. Karena dengan ber-KB kita akan menghasilkan generasi pembangunan yang berkualitas. Bonusnya, target Total Fertility Rate (TFR) kita akan tercapai” ungkap Singgih.
”Lakukan inovasi semenarik mungkin, sehingga masyarakat akan lebih tertarik dengan kegiatan pembinaan yang kita lakukan. Berikan pemahaman seoptimal mungkin kepada para anak muda akan bahaya menikah di bawah umur, lanjutnya.
Lebih lanjut Singgih menyampaikan, sekuat apapun pembangunan yang dilakukan, jika tidak diikuti dengan penataan kependudukan, maka hasilnya akan nihil. Bila jumlah penduduknya tidak terkendali dengan baik, maka akan mempengaruhi seluruh elemen pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan. “Pengendalian keluarga berencana itu sama pentingnya seperti halnya kesehatan dan pendidikan,” tegasnya.
Sementara, Sekretaris Dinpermades P2KB Kabupaten Demak Dra. Supriyatiningsih mengungkapkan, pembinaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para PPKBD dalam hal pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan peserta tentang pelaksanaan Program Keluarga Berencana dan Ketahanan keluarga di berbagai tingkatan wilayah. “Hasil yang diharapakan yaitu tersusunnya laporan Sistem Pencatatan dan Pelaporan hasil kegiatan tahun 2018 dan rencana kegiatan di tahun 2018,” jelas Ning. “Pada tahun 2018 PPKBD dan Sub PPKBD melakukan pembinaan kepada masyarakat yang hasilnya bertambahnya calon peserta KB MKJP dengan jumlah 20 kader setiap bulannya,” imbuhnya.
Ia juga menginformasikan, peserta pada kegiatan tersebut berjumlah 295 orang yang terdiri dari 249 orang PPKBD, 18 orang struktural P2KB, dan 28 orang Struktural UPTD Kecamatan. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart