Pembinaan Pengelola PIK-Remaja di Demak
>
>
Pembinaan Pengelola PIK-Remaja di Demak

DEMAK – Sekretaris BKKBN Provinsi Jawa Tengah Erna Sulistyowati, MM. Menyampaikan bahwa keluarga merupakan pilar utama dalam pembentukan keluarga yang sejahtera. “Tunjukkan bahwa remaja punya semangat, sehat dan ceria,” tuturnya saat kegiatan pembinaan bagi pengelola pusat informasi dan konseling remaja (PIK-Remaja) tingkat Kabupaten Demak di Pendopo Kabupaten Demak, Senin (17/12).
Ia juga menjelaskan 5 ciri generasi emas, yakni mempunyai cita-cita setinggi-tingginya, bisa bersaing, berpola hidup sehat, aktif di masyarakat dan mempunyai perencanaan diri.
Sementara, Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto dalam sambutannya menyampaikan, masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Peran Pik-Remaja membantu remaja untuk mendapatkan informasi dan pelayanan konseling tentang program penyiapan kehidupan berkeluarga. “Untuk itu, PIK-Remaja harus didukung dari semua pihak baik orangtua, lingkungan sekolah, organisasi remaja dan pemerintah,” ungkapnya.
Ia berharap pengelola PIK-Remaja harus mengembangkan dan meningkatkan kualitas serta pelayanan yang ramah remaja. “Sosialisasikan keberadaan PIK-Remaja kepada semua pihak dan jadilah teladan dan motivator serta tingkatkan selalu kemampuan, pengabdian, dan kreatifitas dalam membentuk generasi berencana yang berkualitas,” jelasnya.
Ia juga berpesan, di tahun 2019 di setiap sekolah baik SMP maupun SMA sudah dibentuk PIK-Remaja, demikian juga di organisasi kepemudaan di masyarakat.
Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes menjelaskan hidup kita harus direncanakan dari sekarang, jangan hanya mengikuti air yang mengalir. Ia mengatakan yang paling menentukan di masa 5 sampai 10 tahun yang akan datang adalah tergantung buku apa yang sering kita baca, dengan siapa kita bergaul dan tontonan apa yang sering dilihat.
Lebih lanjut dikatakannya remaja harus dikelola karena merupakan usia yang penuh dinamika. Remaja bisa menjadi aset tapi juga bisa menjadi beban. “Untuk itu harus kita selamatkan dengan memberikan pengarahan, tidak boleh dengan kawin dini karena efeknya akan menimbulkan berbagai macam permasalahan,” jelasnya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart