Pemkab Demak Raih Anugerah Parahita Ekapraya
>
>
Pemkab Demak Raih Anugerah Parahita Ekapraya

DEMAK – Peringatan Hari Ibu ke-90 yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Demak, Kamis (20/12) berlangsung cukup meriah. Hal itu dikarenakan, bertepatan dengan peringatan Hari Ibu tersebut, Kabupaten Demak mendapatkan penghargaan anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang diterima Bupati Demak HM. Natsir pada 19 Desember 2018 lalu di Jakarta. Apresiasi tersebut diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI atas kepedulian Pemkab Demak terhadap keselamatan dan kesejahteraan perempuan dan laki-laki dalam upaya perwujudan kesetaraan gender.
“Penghargaan yang sama sudah pernah kita raih pada tahun 2015. Hal itu membuktikan komitmen dari Pemerintah dalam pelaksanaan pengintegrasian pengarusutamaan gender,” kata Natsir.
Lebih lanjut, orang nomor satu di Demak ini menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Demak juga telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan perlindungan kepada perempuan dengan memberikan pendampingan kepada setiap perempuan yang mengalami masalah hukum, baik itu KDRT maupun perdagangan manusia. Melalui Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) “Harapan Baru”, Pemerintah melakukan pendampingan kepada perempuan sebagai pihak korban. Seperti korban KDRT akan diberikan bimbingan konseling, mengingat korban KDRT tidak hanya mendapatkan luka fisik, juga luka psikis yang harus mendapatkan pengobatan.
“Segala upaya terus dilakukan agar kasus kekerasan kepada perempuan dan anak dapat ditekan. Karena itulah, tahun 2018 kabupaten Demak mendapatkan penghargaan Kabupaten layak anak (KLA) tingkat pratama,” ungkapnya.
Melalui peringatan Hari Ibu tahun ini Bupati berharap agar kesadaran masyarakat terhadap keluhuran kodrat, harkat dan martabat serta peranan dan kedudukan perempuan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga lebih ditingkatkan lagi.
Sementara Plt. Kepala Dinas Sosial P2PA Dra. Tatik Rumiyati selaku penyelenggara menyampaikan, peringatan Hari Ibu ke-90 Kabupaten Demak tahu 2018 dikaitkan dengan hari anak universal telah dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya, donor darah pada tanggal 12 Desember 2018 pada acara rakor PKH di Hotel Amantis serta pelayanan IVA tes pada 12 dan 19 Desember 2018 di Puskesmas Demak I.
Acara dengan jumlah peserta 250 orang dari unsur organisasi wanita di Demak tersebut dihadiri Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Demak, Forkopimda serta para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart