Bupati Demak Pimpin Upacara HAB
>
>
Bupati Demak Pimpin Upacara HAB

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir bertindak sebagai Inspektur upacara pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke 73 tingkat Kabupaten Demak di Halaman MAN Demak, Kamis (3/1).
Dihadapan ratusan peserta upacara, Bupati menyampaikan sambutan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Disampaikannya, Seluruh ASN dan jajaran Kementerian Agama haruslah menjadi perangkai, penjalin, dan perajut tenun kebangsaan yang bhineka. Setiap ASN haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara tercinta. Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kementerian Agama harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas.
Memasuki Tahun 2019, lanjutnya, enam sasaran strategis program Kementerian Agama telah digariskan, yakni: meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.
“Saya berpesan, enam sasaran tersebut harus tercermin dalam program kerja pusat dan daerah. Di samping itu, pembinaan toleransi dan kerukunan antar-umat beragama, pengembangan moderasi beragama dan pembangunan akhlak bangsa perlu disuarakan lebih nyaring di ruang-ruang publik. Toleransi beragama dapat dimaknai sebagai sikap “menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain”. Sementara moderasi beragama adalah upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, yang terhindar dari bentuk pemahaman dan praktek keagamaan yang berlebih-lebihan dan ekstrem,” paparnya.
“Kita bersyukur, dalam beberapa tahun terakhir Kementerian Agama telah meraih sejumlah capaian dalam Reformasi Birokrasi, seperti tercermin antara lain dari kenaikan Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi. Juga indeks kepuasaan publik atas pelayanan keagamaan, seperti pelayanan haji dan pelayanan pencatatan nikah yang terus meningkat,” imbuhnya.
Sang Menteri juga mengajak semua ASN untuk senantiasa menegakkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan. Setiap pejabat dan birokrat Kementerian Agama harus memerankan diri sebagai pelayan masyarakat dan tempat berlabuhnya kepercayaan umat.
Pada kesempatan itu Menteri memohon perhatian semua elemen umat beragama, para ulama dan tokoh agama, serta jajaran Kementerian Agama terhadap urgensi ketahanan keluarga sebagai basis ketahanan bangsa. “Pembinaan ketahanan keluarga haruslah dilakukan terus menerus tiada henti mengingat ketahanan keluarga belakangan ini menghadapi ancaman guncangan dan kerapuhan, seperti terlihat dari tingginya angka perceraian, perkawinan usia dini, dan kekerasan dalam rumah tangga. Untuk itu, saya minta agar Program Bimbingan Perkawinan dan Konseling Keluarga dijalankan secara lebih masif bekerjasama dengan organisasi mitra Kementerian Agama dan ormas keagamaan lainnya,” jelasnya.
Hadir pada upacara tersebut, segenap keluarga besar Kementerian yang terdiri atas ASN, guru, siSwa dan purna tugas. Selain itu juga diundang secara khusus jajaran Forkopimda serta Kepala Dinas terkait. Sejumlah lembaga juga turut diundang, antara lain Baznas dan beberapa Ormas Keagamaan.
Usai pelaksanaan upacara, orang nomor satu di Demak itu menyerahkan beberapa piagam penghargaan. Antara lain, juara I pemeran terbaik putri dan juara II lomba pioneering pada ajang kemah santri tingkat Provinsi kepada Ponpes Al Furqon Mranggen, juara III lomba Matematika jenjang MI tingkat Provinsi pada ajang KSM kepada MI Matholiul Huda Kedungwaru Kidul, juara I lomba STQ umum cabang 5 juz dan tilawah putri Tk. Provinsi kepada Siti Nur Riyadoh asal Bonang, juara II guru berprestasi tingkat Provinsi Jateng kepada MTsN 2 Demak, akreditasi perpustakaan dari Badan Perpustakaan Nasional RI dengan predikat A kepada MA Al Irsyad Gajah Demak serta juara II Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tk. Provinsi Jateng kepada MIN 4 Demak. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart