Kunker Pansus DPRD Provonsi Di Demak
>
>
Kunker Pansus DPRD Provonsi Di Demak

DEMAK – Sebanyak 17 anggota Panitia Khusus DPRD Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Demak terkait pembibitan jambu dan belimbing. Rombongan diterima oleh Kepala Balai Benih Tanaman Pangan dan Holtikultural Wilayah Semarang Ir. Rini Budiningsih, M.Si, di Kebun benih hortikultura ‘Katonsari’ Demak pada Senin (21/1).
Wanita yang akrab disapa Rini menjelaskan, bahwa Kabupaten Demak merupakan salah satu dari 16 kebun di Semarang sebagai daerah penghasil jambu dan blimbing. “Rencananya untuk tahun ini akan melakukan penataan. Biasanya musim kemarau mengalami kekeringan dan musim penghujan kebanjiran. Untuk 2019 akan kita tata supaya ada outlet produk untuk di pamerkan. Kita juga berencana membuat klinik untuk mengatasi permasalahan pada tanaman jambu dan belimbing,” ungkapnya.
Selain itu, Ia menambahkan, dengan luas lahan setengah hektar, Kebun benih hortikultura ‘Katonsari’ Demak pada tahun 2018 mampu menghasilkan 2 ribu bibit jambu dan seribu bibit belimbing. “Sedangkan di tahun 2019 ini, mampu menghasilkan sebanyak seribu bibit belimbing dan seribu bibit jambu,” katanya.
Sementara itu Ketua Pansus RPJMD DPRD Provinsi Jawa Tengah Abdul Aziz S.Ag.M.Si mengatakan, pembenihan ini menjadi sangat urgent karena di dalam benih yg unggul terdapat produksi yang unggul juga. “Mari kita fokus pada pengembangan sektor industri pertanian dan perkebunan maupun perikanan. Kalau mau produktifitas unggul, balai-balai ini harus dibenahi, tersedianya ruang untuk expose, adanya penataan lingkungan agar instagramable serta tidak banjir,” ujarnya.
Ia berharap kebun benih di Demak ini bisa dijadikan sebagai obyek wisata. “Kita bisa mengubah kebun benih ini menjadi wisata kebun. Jadi, para pengunjung yang datang kesini bisa melakukan petik buah langsung dari pohonnya, menikmatinya dan bisa membawa oleh-oleh berupa bibitnya,” terangnya. Tentu saja hal itu harus didukung dengan berbagai fasilitas penujang wisata lainnya agar para pengunjung nyaman berada di situ,” imbuhnya.
Aziz berharap kedepan jumlah produksi bibit harus bertambah. “Harus ada inovasi bagaimana mengembangkan ekonomi melalui sektor holtikultural,” tegasnya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart