Peresmian Pabrik Pupuk Di Demak
>
>
Peresmian Pabrik Pupuk Di Demak

DEMAK – Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Tengah Prijo Anggoro Budi Raharjo, SH, M.Si bersama Bupati Demak HM. Natsir serta jajaran Forkopimda Kabupaten Demak meresmikan pengoperasian Pabrik pupuk Saprotan Utama di Mranggen, Kamis (24/1).
Priyo mengaku sangat apresiatif atas pembangunan pabrik pupuk tersebut. “Pesan saya, distribusinya tolong diperhatikan sesuai kebutuhan masing-masing Daerah. Kalau perlu dilebihkan, sehingga saat ada penambahan kebutuhan pupuk dapat tercukupi,” ungkapnya.
Priyo berharap, keberadaan pabrik tersebut bisa turut serta dalam meningkatkan produktifitas pertanian sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.
Bupati Demak HM. Natsir juga berharap agar pabrik pupuk Saprotan Utama semakin maju dan banyak membantu para petani di Kabupaten Demak. “Setidaknya dapat memberikan solusi bagi pemasalahan kelangkaan pupuk dan pendistribusiannya di wilayah Kabupaten Demak,” imbuhnya.
Disamping itu, Natsir berharap, pabrik tersebut bisa turut mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Demak untuk menekan angka kemiskinan, mengurangi tingkat pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Ajak warga di Kabupaten Demak untuk menjadi karyawan di pabrik ini, sebagai rasa handarbeni. Adanya pabrik disuatu tempat tentu akan memunculkan usaha-usaha baru, saya harapkan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan warga sekitar,” terangnya.
Diakhir sambutannya orang nomor satu di Demak itu menekankan agar pengelolaan limbah produksi itu diperhatikan. “Pabrik ini harus memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sendiri, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar”, pungkasnya.
Sementara, Direktur Saprotan Utama Ir. Markus Wibowo menjelaskan, pabrik baru tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 100 ribu ton per tahun dengan kriteria 50 ribu ton phospat per tahun dan 50 ribu per tahun dari berbagai macam NPK. “Pabrik ini tidak hanya memproduksi pupuk untuk tanaman padi, hortikultura dan palawija saja, melainkan juga kebutuhan tanaman perkebunan. Bahkan dalam perkembangannya juga memproduksi pupuk organik,” terangnya.
Markus berharap, Pupuk saprotan bisa turut meningkatkan hasil produk pertanian sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart