PMI Kabupaten Demak Ajak Masyarakat Donor Darah
>
>
PMI Kabupaten Demak Ajak Masyarakat Donor Darah

DEMAK – PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Demak menjelaskan arti pentingnya Donor Darah untuk kesehatan. Dalam acara ngobrol bareng radio suara kota wali “Ngobras” yang diselenggarakan oleh LPPL Radio Suara Kota Wali (LPPL RSKW), Kamis (24/01), PMI Kabupaten membahas mengenai Unit Donor Darah (UDD). Hadir sebagai narasumber Kepala UDD PMI Demak, Slamet Widodo didampingi oleh Ade Heriyanto selaku Kepala Markas PMI Demak.
Dalam “ngobras” tersebut, Slamet Widodo menjelaskan UDD merupakan bagian struktural dari PMI Kabupaten Demak. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendonrkan darahnya di antaranya, berusia minimal 17 tahun, berat badan minimal 45 kilogram, tekanan darah normal. “Pendonor harus benar-benar dalam keadaan sehat dan tidak menderita penyakit menular seperti hepatitis, syphilis, HIV/Aids, karena darah yang didonorkan memang harus darah yang sehat”, tutur Kepala UDD.
Terdapat perkumpulan donor darah di setiap desa, di mana setiap 3 bulan sekali mengadakan kegiatan donor darah. Perolehan darah pada tahun 2018 sebanyak 5.429 kantong dari mobile unit dan 783 kantong dari Donor Darah Sukarela Markas PMI Demak.
Dalam kesempatan tersebut Fajrul, warga Karangrejo bertanya batas minimal untuk donor darah serta layanan mendapatkan donor darah. “Untuk mendapatkan donor darah dikenakan biaya, karena untuk biaya pengelolaan darah, serta sarana dan prasarana. Bagi para pendonor minimal 2,5 bulan baru bisa mendonorkan darahnya kembali” jawab Slamet.
Sementara itu Risa, warga Bonang meminta tips agar tidak ditolak saat donor darah dikarekan tensinya selalu rendah. “Tekanan darah seseorang memang harus normal untuk bisa donor darah, untuk itu bagi yang ingin mendonorkan darahnya harus dalam keadaan yang benar-benar sehat”.
Slamet menambahkan manfaat donor darah bagi para pendonor antara lain adalah menjaga kesehatan jantung, memproduksi sel darah baru, menurunkan resiko kanker, serta menurunkan kolesterol, diharapkan para masyarakat tidak ragu lagi untuk mendonorkan darahnya, karena banyak sekali manfaat positif baik bagi pendonor maupun bagi yang membutuhkan darah. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart