Peringatan Dini Gelombang Tinggi Di Perairan Demak
>
>
Peringatan Dini Gelombang Tinggi Di Perairan Demak

DEMAK – Gelombang setinggi 1,25 meter hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di Perairan Utara jawa Tengah, Perairan Selatan Kalimantan, dan Laut jawa Bagian Tengah. Peringatan yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Tanjung Mas Semarang tersebut berlaku sejak tanggal 25 januari hingga 28 januari 2019. Hal itu sesuai surat edaran ME.301/PD/25/KTJM/2019. Demikian disampaikan prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Tanjung Mas Wahyu Sri Mulyani saat ditemui pada Jum’at (25/1).
Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, gelombang tersebut beresiko tinggi terhadap pelayaran, terutama Perahu Nelayan, kapal Tongkang, kapal Ferry, dan Kapal ukuran besaran seperti kargo atau pesiar. “Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat seperti Laut Jawa dan laut Flores agar tetap selalu waspada,” ungkapnya.
Staf Kantor Kelautan dan Perikan Provinsi Jawa Tengah, Pelabuhan Perikanan Pantai Morodemak Nabila Ning, SH menyampaikan, setelah beredar surat dari Stasiun Meteorologi kami sebagai PPP Morodemak memberikan pengarahan pada Nelayan agar tidak melaut dulu. Hal itu disebabkan adanya gelombang tinggi yang bisa berakibat fatal bila tetap melaut. “Makanya, kali ini kapal nelayan terlihat berjajar penuh di pinggir pantai” katanya.
Ning juga menjelaskan bahwa para nelayan yang tidak melaut memilih kerja serabutan dan menunggu hingga gelombang tinggi surut. “Musim penghujan dan cuaca buruk seperti saat ini memang tidak baik kalau dipaksakan untuk melaut, bisa membahayakan diri,” pungkasnya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart