Penandatanganan Pakta Integritas, Seluruh Kades Di Demak Diminta Fokus Pada DD/ADD
>
>
Penandatanganan Pakta Integritas, Seluruh Kades Di Demak Diminta Fokus Pada DD/ADD

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir menghimbau kepada seluruh Kades di Demak agar dalam pengelolaan dana desa, harus dilaksanakan berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparansi dan keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai. Hal itu terungkap usai penandatanganan Pakta Integritas Kepala Desa dalam Prioritas Pembangunan Desa Tahun 2019 di Pendopo Kabupaten Demak, Kamis (31/1).
Natsir melanjutkan bahwa Alokasi Dana Desa (ADD) tidak hanya dipergunakan untuk pembangunan fisik saja. Namun juga untuk berbagai program pemberdayaan masyarakat. “Terhadap aset yang saudara kelola, Kepala Desa harus melakukan pencatatan terhadap segala aset yang dimiliki desa. Rawat aset dan gunakan untuk kepentingan masyarakat,” katanya.
Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes menekankan, penyaluran Dana Desa harus tepat sasaran. “Data warga miskin, pengangguran, anak putus sekolah dan gizi buruk harus lengkap dan jelas. Manfaatkan anggaran Desa agar punya daya ungkit tinggi untuk merubah masyarakat menjadi lebih baik,” terang Singgih.
Ia berharap semoga tidak ada Kepala desa yang terseret hukum karena penyimpangan anggaran desa. Oleh karena itu, aparatur desa disarankan mengonsultasikan APBDes mereka kepada Pemerintah Kabupaten agar penyimpangan bisa terdeteksi dan dicegah sedini mungkin.
Hal senada juga disampaikan Plt. Kepala Dinpermades P2KB Kabupaten Demak Ahmad Nur Wahyudi, SH, MH. Ia mengatakan bahwa prioritas penggunaan Dana Desa adalah untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.
Pria yang akrab disapa Yudi ini berharap, Dana Desa bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa seperti, meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa.  (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart