Petani Tambak Di Demak Terima 1 Milyar Dari PT. PELNI
>
>
Petani Tambak Di Demak Terima 1 Milyar Dari PT. PELNI

DEMAK – Dana sebesar 1 Milyar diberikan oleh PT. Pelni (Persero) kepada sebanyak 30 petani tambak di Demak. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak Ir. Hari Adi Soesilo, M.Si di ruang kerjanya, Jumat (1/2). “Ini merupakan wujud kerjasama antara Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Demak dengan PT. Pelni (Persero) sejak tahun 2017,” katanya.
Diakui Hari, besaran pinjaman modal dana yang diterima petani tambak bervariasi. Yaitu antara 20-50 juta rupiah sesuai jaminan sertifikat tambaknya. “Kita memiliki visi yang sama untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Indonesia. Disisi lain untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan warga pesisir”, terangnya.
Pihaknya berharap kepada petani tambak yang mendapatkan dana pinjaman tersebut jangan sampai lupa kewajibannya dalam membayar dalam kurun waktu 3 tahun. “Semoga tahun ini kembali mendapatkan pinjaman dana yang lebih besar, mengingat kebutuhan petani tambak di Kabupaten Demak sangat banyak,” jelas Hari.
Kabid Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Sriyono menjelaskan, Dinlutkan bersama PT. Pelni juga melakukan kemitraan yang bergerak di bidang kemaritiman, seperti budidaya tambak ikan, udang, dan pelestarian terumbu karang serta kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan. “Selain itu juga membimbing petani untuk berbudidaya dengan ramah lingkungan lestari dan berkelanjutan,” tambah Sriyono.
Sementara, Ali Mahfudh Warga Wonoagung Karangtengah salah satu penerima pinjaman menyampaikan, dia memperoleh pinjaman dana sebesar 40 juta. “Uang saya manfaatkan untuk usaha pengglondongan bandeng. Alhamdulillah yang semula pengglondongan benih bandeng hanya mampu 200-300 ekor, sekarang bisa mencapai 1000 – 3000 ekor” katanya. “Tahun kedua ini akan segera saya lunasi agar memperoleh pinjaman lagi yang lebih besar. Apalagi bunganya hanya 3 persen/tahun,” pungkasnya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart