2019 Arsip Di Demak Harus Sesuai Standar
>
>
2019 Arsip Di Demak Harus Sesuai Standar

DEMAK – Tahun 2019 seluruh OPD yang ada di Kabupaten Demak harus mampu mengelola kearsipan sesuai standar. Karena bila ada Audit Eksternal dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kabupaten Demak bisa memperoleh penilaian terbaik dalam pengelolaan kearsipan. Hal itu disampaikan Bupati Demak HM. Natsir saat membuka sosialisasi UU RI NO. 43 Tahun 2009 tentang kearsipan bagi sekretaris dinas dan sekretaris kecamatan Se-Kabupaten Demak di Ruang Pertemuan Dinperpusar Kabupaten Demak, Selasa (12/2).
“Tunjukkan kinerja anda dalam bentuk penggelolaan arsip yang sistematis. Lakukan mulai dari sekarang. Jangan ditunda-tunda,” katanya.
Lebih lanjut Natsir menjelaskan, arsip harus dikelola dengan sistem yang baik dan benar. “Ini sangat penting. Mengingat arsip dapat dijadikan sebagai sumber bukti dan informasi yang sangat penting dalam menunjang pelaksanaan administrasi pemerintahan. Saya tekankan bahwa pemerintahan yang baik dan bersih dapat dilihat dari pengelolaan arsip yang sistematis,” ungkapnya.
Menurutnya, dari semua aset negara yang ada, arsip adalah salah satu aset yang berharga. Arsip merupakan warisan nasional dari generasi ke generasi yang perlu dipelihara dan dilestarikan. Tingkat keberadaban suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap arsipnya. “Melalui arsip, kita dapat mengetahui sejarah masa lalu dan sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi pengambilan kebijakan masa kini maupun yang akan datang,” ujarnya.
Natsir meminta kepada seluruh peserta sosialisasi agar dapat mengikuti kegiatan hingga usai. “Cermati segala ilmu yang disampaikan oleh narasumber. Terapkan ilmu kearsipan yang diperoleh pada perangkat kerja masing-masing. Penuhi sarana dan prasarana untuk pengelolaan arsip. Segera diadakan ditahun ini, mulai dari kartu kendali hingga ruang centre record. Jika tahun ini belum bisa direalisasikan, segera ajukan di anggaran perubahan. Minimal setiap OPD memiliki filling kabinet yang digunakan khusus untuk menyimpan arsip,” pesannya.
Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Dra.Tatik Rumiyati berharap dengan disosialisasikan UU RI NO 43 ini penyelenggaraan kerasipan di Kabupaten Demak nantinya sesuai dengan prinsip kaidah dan standar kearsipan untuk menciptakan tertib arsip dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart