2019, Di Demak Ada Gudang Garam Lagi
>
>
2019, Di Demak Ada Gudang Garam Lagi

DEMAK – Pada tahun 2019 Pemkab Demak menyediakan lahan seluas 600 meter persegi di Desa Kedungkarang Kecamatan Wedung untuk pembangunan Gudang Garam Nasional (GGN) yang ke dua setelah yang ada di Desa Babalan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak Ir. Hari Adi Susilo, M.Si di Ruang kerjanya, Kamis (14/2).
Diakui Hari, gudang yang rencananya bisa menampung dua ribu ton garam itu akan dimulai pembangunannya pada Mei mendatang. “Pemerintah pusat akan menggelontorkan dana sebesar 8,5 Milyar yang rencana akan digunakan untuk pembangunan Gudang, geomembrane dan integrasi lahan seluas 127, 665 hektar,” katanya.
Hari menjelaskan, hal itu dilakukan guna memenuhi target produksi garam nasioanal sebesar 4,5 ton pada tahun 2019. “Sementara produksi garam nasional pada saat ini baru bisa tercapai sebesar 60 %,” imbuhnya.
Menurut Hari, GGN bisa menunjang stok garam nasional. Dengan adanya Gudang yang ke dua itu diharapkan bisa membuat harga garam stabil. Saat harga murah, pembudidaya bisa menyimpan garamnya di gudang tersebut. “Apalagi dengan ditambahnya unit gudang berarti daya tampungmya lebih banyak,” imbuhnya.
Di Demak sendiri, lanjut Hari, pada tahun 2019 produksi garam rakyat mencapai 172 ribu ton. Pihaknya terus berupaya untuk terus mengembangkan wilayah Demak yang potensial untuk peningkatan kapasitas produksi dan kualitas garam. “Kami akan terus kembangkan daerah Wedung, Bonang dan Karangtengah semaksimal mungkin,” katanya.
Pria yang akrab disapa Hari ini berharap adanya dukungan dari Pemerintah dengan mengadakan sekolah lapang. “Jadi masyarakat yang daerahnya potensial garam tapi belum mengetahui cara memproduksi garam yang baik akan dididik mulai dari cara mempersiapkan lahan sampai saat panen dan mendistribusikannya,” ungkapnya.
Menurutnya, dengan kegiatan Pengembangan Usaha garam Rakyat, kesejahteraan masyarakat makin meningkat. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart