Etika dan Budaya Politik Masyarakat Demak Pada Pemilu 2019
>
>
Etika dan Budaya Politik Masyarakat Demak Pada Pemilu 2019

DEMAK – Wawasan kebangsaan diperlukan untuk membangun etika dan budaya politik untuk meningkatkan partispasi masyarakat dalam menghadapi pemilu 2019. Peran  serta masyarakat memegang kunci penting, dan tinggi rendahnya partisipasi merupakan indikator penting proses demokrasi.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto dalam kegiatan Forum Diskusi Politik dan Peningkatan Wawasan Kebangsaan bagi Ormas / LSM dan Steakholder untuk Wilayah Kecamatan Sayung Kabupaten Demak di Aula Kecamatan Sayung, Minggu (24/2).

“Tunjukkan sikap politik yang baik, wujudkan Pemilu damai, dan pilihlah dengan hati nurani sehingga dalam kondisi apapun kita harus bangga menjadi masyarakat Demak, ungkap Joko. Ia melanjutkan bahwa partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur 2018 hanya 58%. Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih agar mencapai 77,5 %, Joko mengajak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Demak Agus Herawan, S.IP, MM mengungkapkan, tujuan diselenggarakan acara tersebut untuk mengajak kepada seluruh masyarakat untuk aktif mensukseskan dan mengawasi jalannya penyelenggaraan pemilihan umum 2019, yang menjadi ajang demokrasi yang layak dijadikan pesta rakyat dan disambut kebahagiaan dengan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Agus menambahkan, Pemilu harus dibangun sesuai dengan adat dan kebiasaan bangsa Indonesia, norma dan etika yang berwawasan kebangsaan sebagai jati diri bangsa yang bersumber dan dituangkan dalam sumpah pemuda, proklamasi, pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia 1945. Sehingga, partisipasi masyarakat dalam kesuksesan pemilihan umum sangat dibutuhkan untuk menentukan arah pembangunan bangsan yang semakin maju dan sejahtera.

Kegiatan yang dihadiri Camat Sayung Drs. Sugeng Pujiono, M.Si, dan Pengurus NU Cabang Kecamatan Sayung itu diikuti 100 peserta yang terdiri dari utusan Ormas/ LSM dan Steakholder di Wilayah Kecamatan Sayung kabupaten Demak. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart