Musrenbangwil Di Demak, Ganjar Galakkan Pengurangan Air Minum Kemasan
>
>
Musrenbangwil Di Demak, Ganjar Galakkan Pengurangan Air Minum Kemasan

DEMAK – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak semua peserta untuk menggalakkan program mengurangi air minum kemasan. Mengingat, Indonesia merupakan negara penghasil sampah plastik terbanyak nomor dua di Dunia. Hal itu disampaikan saat membuka secara resmi Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) se Eks Karesidenan Semarang di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu (27/2).

“Saya ke mana-mana selalu bawa ‘gembes’ atau botol minum yang bisa digunakan berkali-kali,” katanya. “Jadi, selain hemat, dengan membawa ‘gembes’ sendiri sama juga kita turut andil dalam menjaga lingkungan,” tandasnya.

Terkait dengan sampah, Gubernur berikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Demak yang saat ini sedang menggembar gemborkan slogan ‘satu sampah sejuta masalah’. Yang mana Pemkab Demak mengajak masyarakatnya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa mas Ganjar itu menyampaikan berbagai program pembangunan Jawa Tengah ke depan dengan skala prioritas yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama, Bupati Demak HM. Natsir menyampaikan, Pemkab Demak menggunakan lima pilar yaitu, pendidikan, kesehatan, pariwisata, UMKM dan infrastruktur dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di Demak.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono selaku penyelenggara musrenbangwil menjelaskan, kegiatan tersebut untuk menyelaraskan, pemantapan dan menyempurnakan program pembangunan kedepan. “Kegiatan hari ini merupakan forum menyampaikan kebijakan, program, serta memastikan sinergitas hubungan Eks Karesidenan Semarang dalam pembangunan tahuin 2020.

“Kami berharap terjalin sinergitas antara Bupati dan Walikota dengan Pemerintah provinsi Jawa Tengah guna meningkatkan kualitas dan kwantitas dalam membangun Jateng ke depan,” ungkapnya.

Pada kegiatan Musrenbangwil kali ini juga berlangsung paparan prioritas program pembangunan yang disampaikan oleh masing-masing Kabupaten/Kota se Eks Karesidenan Semarang yang dilanjutjan dengan dialog.

Tampak hadir Forkopimda Kabupaten Demak, Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto, serta Forkopimda se Eks Karesidenan Semarang.

Musrenbangwil yang mengusung tema ‘Peningkatan kualitas hidup dan kapasitas Sumber Daya Manusia’ juga diikuti 450 peserta dari Kabupaten/Kota yang tergabung dalam Eks Karesidenan Semarang, yakni, Kendal, Demak, Salatiga, Semarang dan Grobogan. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart