Rakor Dengan Mitra Pemilu 2019 Oleh Bawaslu Kabupaten Demak
>
>
Rakor Dengan Mitra Pemilu 2019 Oleh Bawaslu Kabupaten Demak

DEMAK – Tanggal 14 sampai dengan 16 April 2019 merupakan masa tenang sehingga peserta pemilu tidak boleh mengadakan kegiatan kampanye dalam bentuk apapun. Bagi yang melakukan kegiatan kampanye pada masa tenang bisa terkena pidana pemilu dengan hukuman 1 tahun kurungan dan denda 12 juta rupiah. Demikian disampaikan oleh Ketua Bawaslu Demak, Khaerul Saleh, S.Sos MM. Dalam kegiatan Rapat Koordinasi Dengan Mitra Kerja Pada Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 yg diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Demak di Hotel Amantis Demak Jl. Lingkar Demak-Kudus KM 24 Jogoloyo Demak, Sabtu (13/4).
“Sebagai pencegahan saya tekankan tidak boleh ada politik uang pada pemilu,” tegasnya.
Khaerul menambahkan, mulai hari Minggu tanggal 14 April 2019 pukul 08.00 WIB Bawaslu bersama tim gabungan dan perwakilan partai politik akan melakukan pembersihan APK secara bersama-sama dengan start di kantor Bawaslu Demak. “Hingga saat ini di Kabupaten Demak tidak ada kasus Pidana Pemilu, mudah-mudahan bisa sampai selesai” ungkapnya. Sementara itu Sekretaris Satpol PP Kabupaten Demak Arif Sudaryanto menyampaikan, Satpol PP memiliki tugas penegakkan Perda, Perbup dan keputusan Bupati, penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di masyarakat. Wewenang Satpol PP yaitu melakukan penindakan terhadap warga masyarakat, aparatur atau badan hukum yg mengganggu ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. “Sehingga dalam masa tenang ini kami bersama Bawaslu dan unsur terkait berhak melakukan pembersihan APK, apabila APK tersebut belum dibersihkan sendiri oleh peserta pemilu” tegas Arif.
Kabagops Polres Demak Kompol Ahmadi S.Ag. MM mengungkapkan, pihaknya sebagai aparat kepolisian akan siap membantu terkait penertiban APK. “Tugas kami yaitu hanya mengawasi, membantu dan mengamankan jalannya pembersihan APK,” katanya.
“Guna menghindari berita miring di media sosial, saya berharap kepada Panwascam yg ada diwilayah untuk tidak menggunakan kendaraan dinas Polri dalam mengangkut APK yg dibersihkan” tutur Ahmadi.
Kegiatan dengan jumlah peserta sebanyak 45 orang itu dihadiri Komisioner KPU Demak Siti Ulfaati, M.Si, Manager Jaringan PLN Muhammad Wibowo, Perwakilan Parpol di Kabupaten Demak, Ketua Panwascam se-Kabupaten Demak. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart