Monitoring UNBK Di 5 SMP Negeri dan MTs NU Demak
>
>
Monitoring UNBK Di 5 SMP Negeri dan MTs NU Demak

DEMAK – Bupati Demak, Wakil Bupati Demak dan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak monitoring Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018/2019 di sejumlah SMP Negeri dan MTs di Wilayah Kabupaten Demak, Senin (22/4).Adapun lokasi monitoring terjadwal menjadi 3 kelompok. Bupati Demak HM. Natsir didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak Drs. Anjar Gunadi, S.Pd, M.Pd monitoring di MTs NU Demak yang berada dikawasan Masjid Agung Demak, selanjutnya ke SMP Negeri 1 Karangtengah Demak. Sedangkan Wakil Bupati Demak Drs. H. Joko Sutanto, didampingi Subehan, Sekretaris Dindikbud Demak monitoring di SMP Negeri 2 Demak dan di SMP negeri 1 Demak. Secara terpisah Sekretaris Daerah dr. Singgih Setyono, M. Kes didampingi tripitoyo, Kasi Pembinaan SMP Dindikbud Kabupaten Demak monitoring di SMP 5 dan SMP Negeri 3 Demak.
Joko Sutanto menyampaikan, hasil monitoring, kesannya untuk SMP Negeri tidak ada masalah akan tetapi muncul ketimpangan dengan Sekolah-sekolah swasta, karena di swasta prasarana IT kurang lengkap. Harapannya perhatian dari pemerintah jangan dibebankan semua ke APBD Kabupaten Demak meskipun SMP kewenangan Pemerintah daerah. Mungkin perlu adanya dukungan dari orang tua siswa, melalui komite sekolah sehingga SMP swasta bisa berkembang dan lebih maju seimbang dengan SMP lainnya.
Sementara, Singgih mengatakan, kalau menginginkan sarana dan Prasarana SMP bagus, ada beberapa faktor yang menentukan. Kualitas bagus kalau SDM, Dewan guru, Orang tua siswa, para staf mendukung Kepala Sekolah. Bisa mengenai pembiayaan dan metode yang dipakai dan memenuhi SOP sehingga kualitasnya bagus dan sesuai standar.
Selain itu, Singgih yang didampingi Kepala SMP Negeri 3 Demak Eko Widodo, S.Pd, M.Pd menyampaikan, hasil pantauan UNBK hari ini berjalan lancar tidak ada masalah yang berarti. “Begitu kita tanyakan soal fasilitas ruangan dan kenyamanan peserta ujian, Alhamdulillah semua ruangan semuanya nyaman dan baik, ada AC nya karena jauh lebih nyaman dalam mengerjakan soal-soal. Dan yang paling penting peran orang tuanya, usahakan diberikn sarapan terlebih dahulu, agar anak-anak siap menyelesaikan soalnya,” pungkas Singgih.
Trisyono, Kepala SMP N 2 Demak menjelaskan, 336 siswa –siswi mengikuti UNBK secara mandiri. “ Kami sediakan empat server dan dua Komputer cadangan di masing-masing lab. komputer. Dari jumlah peserta ujian diatas, kami menyiapkan 3 lab. komputer untuk ujian dan dibagi menjadi 3 sesi, masing-masing berisi 36 komputer,” katanya.
Kepala SMP Negeri 1 Demak, Purwadi, S.Pd, M.Pd menambahkan, jumlah Siswa-siswi yang mengikuti UNBK sebanyak 391 anak, dengan 5 lab yang terbagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi I. Pukul 07.30 – 9.30 WIB, II. Pukul 10.30 – 12.30 WIB dan III. Pukul 14.00 – 16.00 WIB. “Untuk UBNK SMP dan MTs dijadwalkan selama 4 hari mulai tanggal 22 – 25 April 2019, pada hari pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kedua Matematika, Ketiga Bahasa Inggris dan hari terakhir Mapel IPA, adapun persyaratan wajib penyelenggaraan UNBK, sarana dan prasarana komputer yang sesuai standar dan harus ada genset dengan kapasitas besar yang mampu mengatasi kendala listrik dari PLN yang tiba-tiba padam,” jelas Purwadi. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart