Sosialisasi Pemetaan dan Pemutakhiran Data Sensus Penduduk 2020
>
>
Sosialisasi Pemetaan dan Pemutakhiran Data Sensus Penduduk 2020

DEMAK – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Demak menyelenggarakan Sosialisasi Pemetaan dan Pemutakhiran Data Sensus Penduduk 2020 di Bina Praja, Kamis (2/5). Kegiatan yang diikuti kurang lebih 30 orang peserta tersebut adalah untuk menyusun peta wilayah kerja statistik untuk sensus penduduk 2020 serta mendapatkan kerangka induk yang mutakhir untuk sensus penduduk 2020.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr. Singgih Setyono, M.kes, Kepala BPS Kabupaten Demak, Sapto Harjuli Wahyu, serta Forkopimda Kabupaten Demak.
Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr. Singgih Setyono, M.kes, mengatakan semua kebijakan berawal dari data. Jika data tersebut bagus, maka keputusan-keputusan hasilnya akan bagus pula. “Keberhasilan sebuah program kegiatan dimulai dari perencanaan, perencanaan yg bagus harus diisi data dan informasi yang akurat, valid, up to date. Jika hal tersebut dapat dicapai, maka sudah menghasilkan 50 persen keberhasilan sebuah program kegiatan.” Jelas Singgih.
Singgih menambahkan dua puluh lima persen keberhasilan berikutnya adalah teamwork untuk meningkatkan semangat dan komitmen, dan duapuluh lima persen selanjutnya adalah leadership yang memberi contoh.
Tahun 2020 akan ada sensus penduduk yang ke tujuh, BPS akan menggunakan metode kombinasi, metode ini berbeda dengan metode-metode sebelumnya yang menggunakan metode blok sensus sebagai wilayah kerja statistik yang terkecil.
“Tahun depan sensus penduduk akan dilengkapi dengan satuan lingkungan, yaitu menggunakan satuan administrasi kependudukan, sehingga diharapkan hasilnya akan lebih bagus” kata Singgih.
Singgih berharap kegiatan sosialisasi pemetaan dan pemutakhiran muatan wilkerstat dapat menghasilkan peta dalam format digital yang ada di lingkungan setempat, sehingga terbentuk cluster-cluster yang seragam dalam muatan dan dapat dipakai untuk mengambilan sample dalam berbagai kegiatan survei atau sensus untuk 10 tahun ke depan.
Sementara itu Ketua penyelenggara kegiatan, Kasubbag Tata Usaha BPS, Wiwid Budi Santosa mengatakan penyelenggarakan kegiatan sensus di seluruh wilayah sebagai salah satu persiapan dalam melaksanakan sensus penduduk tahun 2020 perlu diadakan pemetaan wilayah serta kerjasama seluruh elemen, sehingga diharapkan akan mendapat kerangka induk yang mutakhir untuk sensus penduduk 2020. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart