Petani tembakau di Demak Peroleh Bantuan Alat Pertanian
>
>
Petani tembakau di Demak Peroleh Bantuan Alat Pertanian

DEMAK – Beberapa kelompok tani di wilayah Karangawen dan Guntur Demak memperoleh bantuan alat pertanian berupa paket Demplot tembakau, alat pengolah pupuk organik, Cultivator dan kendaraan roda tiga dari pemerintah. Hal itu diungkapkan oleh Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatn dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Demak Ir. Hari Adi Susilo, M.Si. saat menghadiri sosialisasi Musim Tanam Tembakau (MTT) yang berlangsung di desa Blerong Kecamatan Guntur, Selasa (30/4).
Pada kesempatan tersebut Hari menyampaikan, Budidaya tanaman tembakau sangat menjanjikan. Meski produk hasil olahannya adalah rokok, tetapi rokok merupakan salah satu sumber pendapatan negara. Sumbangan utama industri tembakau yaitu penerimaan cukai. Tahun 2018 total pendapatan negara dari cukai hasil olahan tembakau mencapai Rp. 159,6 triliun. Sedangkan produksi rokok mencapai 360 miliar batang. Pemerintah tetap bijak dengan mengakomodasi semua pihak, baik petani tembakau, para buruh, maupun perokok. Namun tetap memikirkan kepentingan kesehatan masyarakat. Dengan pengenaan cukai, peredaran rokok bisa dikendalikan, dan tidak merugikan kepentingan umum.
“Kepada para pabrikan rokok dan para pedagang pengumpul agar menjalin kemitraan dengan petani,” harapnya.
“Mari dukung dan sukseskan program kegiatan di bidang pertanian,” pungkas Hari.
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Ir. Wibowo pada kesempatan yang sama menyampaikan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan informasi tentang arah kebijakan pembangunan di bidang perkebunan khususnya tanaman tembakau kepada petani. Selain itu juga untuk meningkatkan komunikasi antara petani tembakau dengan pemerintah. “Yang tidak kalah penting yaitu meningkatkan jalinan kelembagaan kelompok tani di arel sentra tanaman tembakau di Kabupaten Demak, tepatnya di Kecamatan Mranggen, Karangawen dan Guntur serta meningkatkan manajemen kelembagaan kelompok tani tembakau,” ungkapnya.
Bowo melanjutkan, kegiatan itu dihadiri 120 orang yang terdiri dari kelompok tani penerima manfaat kegiatan anggaran DBHCHT Kabupaten Demak 2019 serta Instansi pemerintahan yang menangani tanaman tembakau. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart