Kuliner Tiban Di Bulan Ramadhan
>
>
Kuliner Tiban Di Bulan Ramadhan

DEMAK – Pemandangan yang lain dari biasanya terlihat di perempatan jalan bhayangkara dan jalan kyai singkil Demak, pada hari biasa kondisinya tidak ramai hanya ada beberapa pedagang di sore hari. Itupun mereka hanya menjajakan makanan ringan atau cemilan disore hari. Namun dibulan ramadlan ini pemandangan terlihat berubah drastis, puluhan pedagang tiban mengelar lapaknya dikanan dan kiri jalan. Mereka mengais rezeki debgan menggelar dagangan berbagai macam menu buka puasa. Takjil yang ditawarkan pada pembelipun sudah dikemas praktis dalam bungkusan, baik menggunakan plastic maupun sterofom bahkan daun pisang pun tidak tertinggal untuk bungkus. Menu masakan yang tersedia beragam jenisnya dari sayur bening bayam, kangkung, sayur asem, sop hingga sayur kuah bersantan seperti opor, lodeh, rending, koyor. Untuk mendampingi sayiran tersebut tersedia lauk tahu, empe, ayam, daging, telur dan botok.

Turut tampil dalam menu takjil berbagai jenis makanan ringan sebagai pembuka mulai dari roti bakar, donat, cilok, siomay, pisang goring dan rebus, donat gula putih. Yang menjadi menu favorit pembeli biasanya gorengan berupa bakwan, mendoan, tahu isi sayur, kolak pisang yang berpadu dengan kolang kaling dan singkong. “disini juga tersedia bermacam jenis bubur, ada bubur ketan hitam, bubur muiara, bubur putih halus dan bubur cetil” kata Suroso warga setempat yang turut memanfaat kuliner dekat rumahnya. Ditambahkanya bahwa jenis minuman es juga jadi idola pengunjung di kuliner tiban ini. Paling laris diserbu pembeli es degan atau kelapa muda, es pisang ijo, es campur, es teler dan es dawet modern yang di kombinasi dengan susu dan durian.

Uniknya para pedagang sudah menggelar lapak pada pukul 13.00 atau jam satu siang. Padahal kumandang adzan magrib pukul 17.30 wib. Pemandangan berjubelnya pembeli memenuhi jalan bhayangkara pada jam 16.30 wib. Banyaknya pedang dan pembeli yang membawa kendaraan maupun mobil turut memberi kontribusi kemcetan. Tersendatnya lalu lintas di jalur tersebut tidak begiu menggangu pemakai jalan yang lain. Karena pada umumnya mereka memaklumi sudah mendekati jam buka puasa. Ynang Pasti kehadiran kuliner tiban ini merupakan rezki dibulan suci bagi penjual dan meringan kan bebean pekerjaan rumah bagi pembelinya karena tidak repot dengan memasak di setiap buka puasa. (rdy)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart