Kunker Komisi I DPRD Indramayu ke Demak
>
>
Kunker Komisi I DPRD Indramayu ke Demak

DEMAK – Staf Ahli Bupati Muliana, SH menerima baik Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi I DPRD Kabupaten Indramayu ke Kabupaten Demak di Ruang rapat staf ahli Bupati, Senin (27/5).
Wakil Ketua komisi I DPRD Kabupaten Indramayu Ibnu Risman Syah selaku ketua rombongan menyampaikan bahwa maksud kedatangannya ke Pemkab Demak adalah untuk menambah wawasan terkait penanganan tenaga kerja dan Bumdes. “Angka pengangguran kami relatif masih tinggi. Kami sudah melakukan job fair tapi hasilnya belum signifikan. Wirausaha juga belum menggigit,” ungkapnya.
Pihaknya berharap, angka pengangguran di Indramayu bisa menurun secara signifikan.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Drs. Bambang Saptoro menjelaskan, angka pengangguran di Demak saat ini mencapai 7.1%. Untuk menekan angka tersebut Pemerintah Kabupaten Demak melakukan beberapa solusi, diantaranya pemagangan ke Jepang serta bekerjasama dengan lembaga ketrampilan untuk pelatihan kelompok masyarakat.
Di Demak sendiri, lanjutnya, terdapat banyak sekali Industri Kecil Menengah (IKM). Namun Demak belum punya rumah IKM yang mana IKM tersebut berfungsi untuk memasarkan hasil IKM itu sendiri. “Namun kami tidak patah semangat. Kami melakukan promosi melalui galeri IKM ke luar daerah. Jadi produk kami tidak hanya dikenal oleh masyarakat lokal saja tetapi juga masyarakat luar daerah,” terangnya.
Untuk jumlah TKI yang bekerja keluar Negeri, lanjut Bambang, dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Pada tahun 2017 sebanyak 279 orang dan pada tahun 2019 ini hanya 190 orang.
Sementara Kepala Dinpermades P2KB Drs. Daryanto, MM menjelaskan, dari 243 desa ada 110 desa yang sudah memiliki BUMDES dengan berbagai macam jenis usaha. Diantaranya, pasar desa, wisata religi dan permainan air, balai pengobatan, serta pembuatan kantong plastik. “Dengan adanya berbagai macam jenis usaha yang ada di desa tentu saja tenaga kerja bisa terserap di desa itu sendiri dan tidak perlu lagi ke luar negeri,” katanya. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart