RAD Penanggulangan Stunting di Demak
>
>
RAD Penanggulangan Stunting di Demak

DEMAK – Sebagai bentuk dukungan terhadap Program Unggulan Bupati Demak yaitu Peningkatan peran serta perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan kesehatan gizi anak serta penanganan permasalahan sosial, Pemerintah Kabupaten Demak melakukan pendekatan multisektor melalui sinkronisasi program dan kegiatan yang berdampak pada penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Demak. Hal itu terungkap saat Sosialisasi Peraturan Bupati Demak Nomor 29 Tahun 2019 Tentang Rencana Aksi Daerah (RAD) yang berlangsung di Bina Bhakti Praja, Rabu (12/6).
“Sesuai Perbup No. 29 Tahun 2019 bahwa kejadian stunting pada balita masih terjadi di wilayah Kabupaten Demak sehingga dapat menghambat upaya peningkatan kesehatan masyarakat dan pembangunan kualitas sumberdaya masnusia. Oleh karena itu perlu adanya penanganan terhadap stunting,” terang Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr. Singgih Setyono, M. Kes.
Ia mengatakan, semua elemen terkait diharuskan mempunyai anggaran untuk menekan stunting. “Indikator keberhasilannya adalah adanya anggaran yang cukup. Besarnya anggaran dapat disesuaikan dengan jumlah kasus yang ada sekaligus untuk proses pencegahan stunting”. Jelas Singgih.
Menurutnya, untuk tingkat kecamatan, tupoksinya adalah koordinasi, monitoring, dan evaluasi (kormoner). “Artinya, di level kecamatan yang harus dilakukan adalah minidesa atau khusus desa,” tegasnya.
Singgih menambahkan, masalah stunting harus diselesaikan bersama, oleh karenanya harus ada penyelarasan dan pengintegrasian. “Output dan outcome harus dapat diselesaikan. Yang awal nya tidak ada kasus baru, maka harus ada rencana aksi revitalisasi posyandu, di mana para kader-kadernya harus dievaluasi kembali. Namun yang lebih efektif adalah mencegah adanya kasus baru” imbuhnya.
Pada kesempatan itu Singgih juga menyampaikan cara mencegah stunting. “Cara mencegah stunting adalah dengan dimulai dari perencanaan yg baik, yaitu mulai dari memperbaiki ekonomi serta pengetahuan para orangtua. Ekonomi keluarga harus diperbaiki, pengetahuan ibu-ibu pun harus diperbaiki, artinya para orangtua harus pandai memanage keuangan. Sehingga pada akhirnya nanti segala perencanaan hasilnya maksimal”. Pungkas Singgih.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Kepala OPD, Camat, serta Kepala Desa se Kabupaten Demak. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart