Kurangi Sampah Melalui Mini Model Bank Sampah
>
>
Kurangi Sampah Melalui Mini Model Bank Sampah

DEMAK – Dalam rangka mengurangi sampah plastik di Kabupaten Demak, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes. mengajak Kepala OPD untuk melakukan penandatanganan Deklarasi dan Komitmen Bersama pengurangan sampah melalui mini model bank sampah di Gedung Grhadika Bina Praja, Rabu (12/6).
Singgih menyampaikan Indonesia masuk peringkat ke-2 penghasil sampah plastik di dunia. ”Hal ini karena jumlah penduduk yang banyak dan pola konsumsi masyarakat yang berkontribusi terhadap jenis sampah yang beragam”, tuturnya.
Menurutnya, permasalahan pengelolaan sampah di Indonesia disebabkan karena kesadaran masyarakat masih rendah, sarpras tidak memadai dan anggaran pengelolaan sampah yang masih rendah.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Musyafak mengatakan persoalan sampah merupakan persoalan bersama sehingga harus diselesaikan secara bersama-sama pula. ”Kita ingin pengolahan sampah di atasi mulai dari sumbernya yakni dari Rumah Tangga (RT) seperti potongan sayur dan plastik. Sampah sejenis rumah tangga dari faslitias umum misalnya pasar, pabrik dan kantor”, katanya.
Agus menghimbau untuk memerangi sampah plastik dan mulai kembali seperti tempo dulu. ”Misalkan rapat kita tidak perlu menggunakan aqua gelas dan snack kardus lagi, tetapi bisa menggunakan lepek dan gelas yang bisa dicuci kembali. Belanja di supermarket cukup membawa kantong dari rumah”, ungkap Agus. Ia berharap dengan cara ini bisa mengurangi beban TPA. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart