Tenaga Kerja Mandiri Turunkan Tingkat Penganggur
>
>
Tenaga Kerja Mandiri Turunkan Tingkat Penganggur

DEMAK – Pemberdayaan tenaga kerja merupakan bentuk layanan pendampingan bagi masyarakat agar mampu berwirausaha sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup yang layak. Kementrian Tenaga kerja melalui Dinas tenaga kerja dan perindustrian kabupaten Demak beberapa waktu lalu menyerahkan bantuan untuk pemberdayaan TKM atau tenaga kerja mandiri di tiga kecamatan. Bantuan yang diserahkan berupa peralatan tata boga didesa bonsari kecamatan Dempet untuk 10 orang.

Bantuan peralatan las listrik 1 set bagi kelompok tkm didesa tlogorejo kecamatan Wonosalam dan 20 paket alat tata boga. Sedangkan dua kelompok tkm kelurahan mangunjiwan kecamatan Demak mendapat alat tata boga dan mesin jahit. Penyerahan bantuan alat tersebut Oleh kepala dinas tenaga kerja dan perindustrian kab Demak Bambang Saptoro yang disaksikan oleh kasubdit TKM Kementrian tenaga kerja RI Siti Rohimah. ” Bagi penerima bantuan untuk dapat memanfaatkan dengan sebaiknya karena dengan alat alat tersebut para penganggur dan setengah pengangur dapat bekerja dan menghasilkan pendapatan” jelas Bambang disela acara penyerahan bantuan. Ditambahkan bahwa setelah mendapatkan peralatan para TKM mendapatkan pelatihan selama tiga hari, bagi penerima alat tata boga mendapat pelatihan makanan olahan berbahan potensi lokal yang mudah didapat dilingkungan masing masing seperti pisang, ketela dan lain-lain.

Sementara itu kepala seksi PPKK dinnakerin Demak Heru mengatakan program ini menyasar penganggur dan setengah penganggur artinya mereka bekerja dalam seminggu dibawah 30 jam, harapanya penerima bantuan dapat mandiri bekerja dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga. ” Selain memberikan pelatihan kepada penerima juga ada pendampingan selama 5 bulan kedepan meliputi pengolahan, pengemasan dan pemasaran oleh tenaga kerja sukarela (TKS) yang ditunjuk dan ditugaskan oleh kementrian tenaga kerja” jelas Heru. (kominfo)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart