Pembukaan Grebeg Besar
>
>
Pembukaan Grebeg Besar

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir secara resmi membuka pasar rakyat Grebeg Besar tahun 2019 yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Demak, Jum’at (19/7).
Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, Grebeg besar merupakan salah satu agenda wisata budaya unggulan yang ada di Kabupaten Demak. Tanpa mengurangi makna perayaan grebeg besar diharapkan acara tersebut dapat mendatangkan manfaat besar khususnya bagi perekonomian masyarakat di Kabupaten Demak.
“Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha merupakan perwujudan ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah kita terima” jelas Natsir.
Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Dra. Tatik Rumiyati mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya lokal. “Grebeg besar merupakan salah satu agenda wisata budaya unggulan yang ada di Kabupaten Demak dan harus terus dilestarikan” terang Tatik.
Dijelaskannya, rangkaian tradisi grebeg besar diawali dengan Pisowananan Bupati Demak kepada Sesepuh Kadilangu yang bertempat di Sasana Rangga Kadilangu pada tanggal 15 Juli 2019. Sedangkan Pisowanan dari Sesepuh Kadilangu ke Pendopo Kabupaten Demak direncanakan pada tanggal 5 Agustus 2019.
Selanjutnya, Tatik mengatakan, tradisi ziarah telah diselenggarakan pada hari Kamis, 18 Juli 2019 ke Makam Sultan Fatah yang berada di Komplek Masjid Agung Demak dan makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak.
Yang paling menarik perhatian masyarakat, lanjut Dia, adalah prosesi iring-iringan tumpeng Sembilan yang diarak mulai dari Pendopo Kabupaten Demak menuju serambi depan Masjid Agung Demak pada Sabtu, 10 Agustus 2019. “Tepatnya tanggal 10 Dzulhijah nanti akan diselenggarakan iring-iringan Prajurit Patang Puluhan yang dimulai dari Pendopo Kabupaten Demak dan berakhir di Makam Sunan Kalijaga yang terletak di Kelurahan Kadilangu,” jelasnya.
Tatik berharap segala rangkaian prosesi grebeg besar dapat berjalan lancar dan sukses. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart