Bupati Demak Promosikan Grebeg Besar Melalui Komunikada
>
>
Bupati Demak Promosikan Grebeg Besar Melalui Komunikada

DEMAK – Keramaian Grebeg Besar merupakan salah satu sarana promosi bagi para pedagang dan pelaku UMKM untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya selain sebagai wahana interaksi dan pertukaran informasi bagi pelaku UMKM untuk membangun jaringan yang lebih luas. Hal itu disampaikan Bupati Demak melalui dialog interaktif Komunikasi Kepala Daerah (Komunikada) yang disiarkan secara langsung oleh RRI dan Radio Suara Kota Wali (RSKW) pada Jum’at (2/8).
Natsir menjelaskan, tradisi Grebeg Besar berpotensi sebagai daya tarik wisata karena mampu menyedot ribuan pengunjung. Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Demak menjadikan Grebeg Besar menjadi agenda rutin tiap tahunan. “Grebeg besar hanya ada di Kabupaten Demak,” katanya.
Lebih lanjut Natsir menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Demak menjadikan Grebeg besar sebagai potensi wisata dan selalu di selenggarakan rutin setiap tahun. Hal itu dilakukan sebagai upaya melestarikan kebudayaan leluhur.
Saat ini pihaknya sudah mempersiapkan beberapa hal untuk penyelenggaraan Grebeg Besar tahun 2019. Diantaranya, Prajurit Patangpuluhan diambil dari perwakikan Siswa SMA yang terseleksi, Kereta kencana, dan pada malam 10 Dzulhijah akan dilakukan Selamatan dengan jajan pasar sebelum iring-iringan tumpeng Sembilan.
Dijelaskannya, bahwasannya tradisi tahunan tersebut bisa mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Hal itu dikarenakan, pelaksanaan Grebeg Besar mampu menyedot ribuan pengunjung. Banyak pedagang dari luar daerah turut mengais rejeki pada event tersebut. “Sejak beberapa tahun lalu, pengelolaan Grebeg Besar diserahkan kepihak ketiga dan pusat keramaian berpindah di lapangan Tembiring Jogo Indah. Pemindahan ini dilakukan sebagai upaya penataan kota. Selain itu, alon-alon Demak dilarang untuk keramaian,” terang Bupati.
Pada kesempatan tersebut Bupati Natsir didampingi oleh Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto dan Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart