Keseruan Lomba Panjat Pinang di Alun-Alun Demak
>
>
Keseruan Lomba Panjat Pinang di Alun-Alun Demak

DEMAK – Lomba Panjat Pinang digelar di Alun-Alun Simpang Enam Demak, Minggu (18/8). Lomba dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 yang dimulai pukul 08:45 WIB itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto.
Ia mengatakan, panjat pinang identik dengan hiburan rakyat saat memperingati HUT RI. Kebersamaan dan kerjasama dari para peserta untuk mencapai puncak dan merebut hadiah, mencerminkan semangat persatuan para pejuang saat berjuang merebut kemerdekaan.
Wabup sangat mengapresiasi semangat peserta panjat pinang yang tidak luntur walau berdiri di panas teriknya matahari siang. Dia berharap seluruh peserta lomba dapat menjaga keakraban, kebersamaan, persatuan, persaudaraan, serta solidaritas dalam pelaksanaan kegiatan, serta tetap menjunjung tinggi sportifitas dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia.
Kasubbag Otda dan Kerjasama Bagian Pemerintahan Setda Demak Endang S. S.Sos., M.Si. selaku penyelenggara mengatakan, lomba panjat pinang tersebut diikuti oleh beberapa tim baik dari instansi maupun kecamatan. Satu tim secara bergantian akan diberi kesempatan untuk memanjat batang pinang setinggi sekira 6 meter yang telah diberi leburan oli bekas. Ketika sampai di atas, satu tim hanya boleh meraih satu hadiah, hal ini diharapkan supaya adil dan memberi kesempatan tim lain untuk mendapatkan hadiah. “Ada banyak hadiah yang bisa diperebutkan pada lomba panjat pinang ini. Diantaranya, 9 sepeda, 9 kipas angin, 9 kompor gas, 9 tas sekolah, 9 setrika, dan sebagainya,” katanya.
Dijelaskannya, untuk pesertanya dibatasi hanya 9 tim dan masing-masing tim terdiri dari 5 orang. “Untuk Pemenangnya, pinang 1 oleh Kecamatan Gajah, Tagana Dinsosp2pa, dan Kp. Kauman. Pinang 2 oleh Probiotik Betokan Sawunggaling dan Tanubayan Yoga. Sedangkan pinang 3 oleh Pemuda Jl. Kyai Turmudzi, Tempuran dan Satpol PP,” terang Endang. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart