Pembentukan UPZ Bagi Pengurus Masjid se Kabupaten Demak
>
>
Pembentukan UPZ Bagi Pengurus Masjid se Kabupaten Demak

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir sangat apresiatif dengan adanya sosialisasi pembentukan Unit Pengumpul zakat (UPZ) bagi pengurus masjid se-Kabupaten Demak tahun 2019 yang berlangsung di Pendopo Satya Bhakti Praja, Selasa (20/8).
Natsir berharap, semua pengurus masjid dapat meningkatkan pelayanan dalam pengumpulan zakat sehingga bisa memberikan kontribusi di masyarakat melalui pemberdayaan zakat yang amanah, transparan, serta dapat dipercaya.
Menurutnya, bila UPZ dapat dikelola secara profesional maka akan mampu berkembang, sehingga dapat mengatasi problematika sosial, utamanya dalam menyejahterakan rakyat, mengentaskan kemiskinan, serta banyak hal positif lain yang mampu dilakukan.
“Saya berharap dapat terpilih anggota UPZ yang mampu mengelola zakat secara produktif, selain itu juga mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya zakat. Sudah seharusnya para mustahiq diberikan pemahaman yang lebih terhadap hak-hak mereka. Bahwa akan lebih bermanfaat jika zakat yang diterima bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk ketrampilan maupun modal usaha. Ini harus dipahami, sehingga nantinya melalui pengumpulan zakat dapat benar-benar mengurangi angka kemiskinan di Demak,” jelasnya.
Kabag Kesra Setda Demak Anang Badrul Kamal, S.Sos., M. Si. selaku penyelenggara berharap ada tindak lanjut dari kegiatan sosialisai pembentukan UPZ tersebut. “Dari 250 orang takmir masjid yang hadir mengikuti sosialisasi ini, saya berharap akan ada 250 UPZ yang akan terbentuk di Demak,” ungkapnya.
Perlu diketahui, ada sekitar 700 masjid dan 4500 Musholla di Demak yang mana ada kemungkinan jumlah tersebut akan terus bertambah. “Kalau mulai hari ini terbentuk UPZ di lingkungan Masjid masing-masing maka ada potensi besar pengumpulan dana di Masjid,” kata Anang.
Menutup pembicaraannya, Anang berharap semua Masjid yang ada di Demak mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Ia menghimbau kalau masih ada masjid yang belum ber IMB, agar segera diurus. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart