(0291) 685 863
Dinhubkominfo Jl. Sultan Trenggono 16 Kode Pos 59516
Pariwisata
ow
Obyek wisata religi adalah obyek wisata yang paling dominan di Kabupaten Demak terdapat 4 obyek wisata utama di Demak, yaitu Masjid Agung Demak, Makam Sunan Kalijaga kadilangu, Taman Ria dan pantai Moro Sari Sayung.
masjid-agung-demak-indonesia-01
mangrove1
Selain itu ada juga tradisi grebeg besar yang merupakan pesta rakyat digelar untuk menyambut datangnya hari raya Idul Adha.
besaran
Ada juga tradisi syawalan yang diadakan seminggu setelah hari raya Idul Fitri, yaitu tradisi prahon di pantai Moro Demak.
ol
Belimbing Demak adalah buah khas dari Kabupaten Demak. Belimbing Demak jauh lebih enak bila dibandingkan dari daerah lain.
belimbing1
Selain itu ada pula jambu delima dan jambu citra yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh bila anda berkunjung ke Demak.
jambu
jambu ini berasa manis dan segar bila dimakan serta ukurannya pun lebih besar bila dibandingkan dengan jambu dari daerah lain.
grebeg
Perayaan Grebeg Besar diselenggarakan tiap tahun sekali dalam rangkaian Hari Raya Idul Adha (Qurban), dimaksudkan sebagai tradisi penghormatan dan rasa syukur atas perjuangan para leluhur, khususnya sehubungan kegiatan syi’ar Islam yang dilaksanakan walisongo terutama Sunan Kalijaga.

kadilangu1Acara Grebeg Besar diawali dengan saling bersilaturrahmi antara pihak Kasepuhan Kadilangu dan Bupati Demak. Diawali kunjungan Bupati ke Sasono Renggo Kadilangu. Selanjutnya Sesepuh Kadilangu dan keluarga kasepuhan bersilaturrahmi menemui Bupati dan biasanya mereka diterima di ruang tamu Bupati.Usai silaturrahmi tersebut, Bupati dan Wakil Bupati bersama Ketua DPRD, Muspida Demak dan jajaran Pemerintah Kabupaten Demak ziarah ke makam para leluhur Sultan Bintoro di kompleks Masjid Agung Demak, dilanjutkan ziarah ke makam Sunan Kalijaga di desa Kadilangu. Setelah itu Bupati dan Wakil Bupati beserta unsur DPRD dan Muspida meresmikan pembukaan keramaian Grebeg Besar di lapangan Tembiring Jogo Indah. Setelah itu dimulailah masa-masa ramai di antero Demak Kota, khususnya di segitiga kawasan terminal wisata Tembiring, alun-alun dan Kadilangu.

Kemudian patumpeng9ada malam menjelang Idul Adha diadakan acara Tumpeng Sembilan yang menggambarkan jumlah 9 wali (walisongo), diserahkan oleh Bupati kepada Takmir Masjid Agung Demak untuk dibagikan kepada para pengunjung. Dalam acara tumpeng sembilan selalu dipenuhi oleh warga masyarakat yang ingin “ngalap berkah” dengan mengharap mendapat bagian dari tumpeng yang dibagikan tersebut. Tepat pada tanggal 10 Dzulhijjah diadakan acara penjamasan Kotang Ontokusumo yang dimulai setelah selesai Sholat Idul Adha. Penjamasan dimulai dari pendopo Kabupaten Demak dengan penyerahan minyak jamas oleh Bupati Demak kepada Manggala Prajurit yang akan membawanya ke Kadilangu dengan dikawal Prajurti Patang Puluhan.

pasukan copyBupati sekeluarga beserta para pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Demak turut mengantar minyak jamas dengan naik kereta kencana. Sesampainya di Kadilangu, minyak jamas diterima oleh Sesepuh Kadilangu, selanjutnya digunakan untuk menjamas Kotang Ontokusumo dan Keris Kyai Crubuk. Khusus untuk acar penjamasan Kotang Ontokusumo melalui prosesi arak-arakan Prajurit Patang Puluhan yang berjalan dari Pendopo Kabupaten Demak menuju Kadilangu sejauh 2,5 km, merupakan hiburan yang paling menyedot perhatian masyarakat, karena sepanjang perjalanan yang dilalui Prajurti Patang Puluhan, selalu penuh oleh masyarakat yang ingin melihat dari dekat iring-iringan tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui prosesi Grebeg Besar merupakan media hiburan rakyat yang murah meriah untuk menghilangkan sejenak kepenatan menjalani rutinitas sehari-hari.

Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Demak
kw
Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Demak pada tahun 2012 tercatat ada 1.097.869 orang yang mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Demak. Jumlah tersebut terdiri atas 1.097.053 orang wisatawan domestik dan 816 orang wisatawan asing yang berasal dari Amerika Serikat, Perancis, Belanda dan negara lainnya.