Bantu LU bertujuan Mensejahterakan Lansia
>
>
Bantu LU bertujuan Mensejahterakan Lansia

DEMAK – Program Bantu Lanjut Usia ( Bantu LU) merupakan transformasi dari program Assistensi Sosial lanjut Usia Terlantar (Aslut) dengan perubahan target sasaran dari lanjut usia terlantar menjadi Lanjut usia tidak potensial pada Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia. Terkait dengan program tersebut Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak kabupaten Demak telah menyalurkan bantuan tersebut di tiga desa (24-25/9). Kepala Dinsos P2PA Demak Eko Pringgo Laksito melalui kepala bidang Rehabilitasi Sosial M Romli menjelaskan, ” bantuan lanjut usia diserahkan ditiga desa meliputi desa Bedono Sayung, desa Purworejo Bonang dan desa Jungsemi Wedung,
Dengan adanya bantuan yang tepat sasaran ini berharap dapat dimanfaatkan sdmaksimal mungkin sehingga bisa bermanfaat dan meringankan beban keluarga”.

Ditambahkan, bantuan yang diterimakan berupa uang tersebut tidak banyak namun dapat membantu meringankan dalam memenuhi kebutuhan serta bentuk kepedulian pemerintah kepada warga lanjut usia yang tidak produktif.
Bantuan yang bersumber dari APBN ini bersifat stimulan satu tahun sekali,
Adapun setiap lansia menerima bantuan berupa uang tunai sebesar Rp.1.200.000. Adapun
besaran anggaran yang diterimakan Rp.200.000,- setiap bulannya, hanya saja secara teknis penyaluran diberikan untuk enam bulan.

Sementara sasaran Bantu LU diperuntukkan bagi lansia yang berusia 60 tahun keatas, yang memiliki dokumen kependudukan (NIK/KTP/KK), miskin dan tidak mampu (ID BDT), tinggal sendiri/bersama pasangan, tidak potensial, memiliki penanggungjawab dan bukan penerima PKH. (kominfo)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart