Oct 03

1.559 Atlet Berlaga di Gala Desa Kabupaten Demak

DEMAK – Sebanyak 1.559 atlet akan berlaga di Gala Desa Kabupaten Demak pada 2 Oktober hingga 22 Oktober 2019. Atlet yang sebagian besar pelajar tersebut bertanding di lima cabang olahraga, yakni atletik, bola voli, sepaktakraw, tenis meja dan sepakbola. Pembukaan event olahraga tahunan itu dibuka oleh Bupati Demak, HM Natsir, Selasa (1/10). Sebelumnya, atlet dari 14 kecamatan di Kabupaten Demak melakukan defile dihadapan Bupati Demak, Wabup, Forkopimda, Sekda dan Kepala OPD.
Bupati Demak, HM. Natsir menuturkan bahwa Kabupaten Demak kembali menjadi salah satu dari 25 Kabupaten/Kota yang dipercaya oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menggelar Gala Desa. Penunjukkan itu lantaran Demak dipandang berhasil dalam gelaran gala desa tahun lalu.
Orang nomor satu di Kabupaten Demak tersebut menilai gala desa merupakan kegiatan yang bernilai strategis. Utamanya dalam mencari bibit unggul di bidang olahraga. “Selain dapat memasyarakatkan olahraga, kegiatan ini bisa digunakan untuk mencari bibit-bibit atlet potensial dari desa agar bisa dikelola menjadi atlet profesional,”
Hal senada disampaikan oleh Kepala Bidang Olahraga Pendidikan Menengah pada Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora, Ary Moelyadi saat menghadiri pembukaan gala desa di Stadion Pancasila Demak. “Gala desa adalah momentum tepat untuk menjaring bibit atletik yang terbaik. Tentu menjadi harapan kami, akan lahir calon atlet dari Demak yang berkiprah di tingkat nasional maupun internasional”.
Dia pun sangat apresiatif atas antusias masyarakat Demak yang luar biasa dalam menyambut gala desa tahun 2019. Hal itu dapat dilihat dari keikutsertaan atlet yang ikut serta dan respons pemerintah daerah. “Sehingga, tidak salah jika Kabupaten Demak kembali digandeng untuk menggelar gala desa di tahun kedua ini,” ujarnya.
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sapon mengemukakan, lima cabang olahraga yang dipertandingkan akan digelar di sejumlah lokasi. “Cabor atletik akan diselenggarakan di lapangan sepakbola Desa Tridonorejo Kecamatan Bonang. Bolavoli akan diselenggarakan di Desa Bandungrejo Mranggen. Sepaktakraw akan dilaksanakan di GOR Betokan, tenis meja di GOR Desa Prampelan Sayung, dan Sepakbola di lapangan Desa Dukun Karangtengah”.
“Penutupan Gala Desa rencananya akan diselenggarakan di Gedung Koni pada 22 Oktober mendatang. Sekaligus akan diumumkan juara umumnya,” pungkas Sapon. (Humas Demak)

Bagikan