Monitoring dan Evaluasi PPID Demak Oleh Komisi Informasi
>
>
Monitoring dan Evaluasi PPID Demak Oleh Komisi Informasi

DEMAK – Komisi Informasi propinsi Jawa Tengah bersama PPID Utama melakukan Visitasi diKabupaten Demak. Visitasi yang dilakukanya dalam rangka monitoring dan Evaluasi PPID Utama dan PPID pembantu menyusul program pemeringkatan yang dilakukan oleh KI pada badan publik kabupaten/kota.

Tim Visitasi yang dipimpin Komisioner
Komisi Informasi Slamet Haryanto diterima Sekda Demak Singgih Setyono dan KaDinas Kominfo Endah Cahyarini di aula dinkominfo Selasa (22/10). Turut diundang pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD SuKa, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selaku PPID pembantu dan 5 Kepala desa yang mewakili PPID Desa.

“Dengan adanya UU keterbukaan Informasi mendorong daerah untuk lebih terbuka dan transparan dalam memberikan informasi hingga ke desa desa melalui ppid desa. Tahun kemaren 2018 PPID Demak diperingkat ke 33 dari 35 kabupaten, hal ini belum mencerminkan kabupaten yang informatif untuk itu peringkat tahun lalu kita jadikan cambuk untuk mengejar ketertinggalan”, kata Sekda.
Dirinya juga berharap dari hasil jerih payah ditahun ini ada peningkatan peringkat PPID Demak hingga masuk dalam 3 besar sebab saat ini sudah banyak perubahan serta pembenahan disana sini.

Sementara Komisioner KI Slamet Haryanto menyampaikan, ” KI dan PPID Urama diberikan kewenangan untuk melakukan monitoring dan Evaluasi pada badan publik termasuk di kabupaten Demak”.
Menurutnya Tata kelola yang dilakukan PPID Demak sudah berjalan sesuai peraturan perundang undangan.

Ditambahkanya bahwa Visitasi yang dilakukannya Menyusul telah dilaluinya tahapan 2 Pengisian SAQ oleh PPID Demak untuk mencocokkan kebenaran isian dengan kondisi riil dilokasi. Sebab dalam verifikasi SAQ yang dilakukan, PPID Demak mendapat nilai 92,20 dan berada diperingkat 6 sehingga layak untuk di visitasi, Jelas Slamet Haryanto.

Sementara Kadinas Kominfo Endah Cahya rini menyampaikan kenaikan peringkat saat ini tidak lepas dari kerja keras dan upaya sungguh sungguh untuk menjadikan PPID lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Hal ini terindikasi pada jumlah kunjungan pada website PPID ditahun 2018 hanya 500 kunjungan namun di tahun ini naik drastis mencapai 68.224 kunjungan.

Berkenaan dengan PPID Pembantu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak ada diperingkat 4 dengan nilai 85,96 sedangkan Dinas Kesehatan diperingkat 6 dengan nilai 72,65 dari 59 PPID yang diajukan oleh kabupaten/kota. Selanjutnya untuk verifikasi cek kebenaran setelah di PPID Utama akan dilanjutkan pada 3 PPID Pembantu dari 3 badan publik diatas.(kominfo)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart