Oct 30

Pemkab Demak Berkomitmen Cegah Perkawinan Usia Dini

DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak berkomitmen mencegah terjadinya perkawinan di bawah umur. Komitmen tersebut berlangsung saat kegiatan pencanangan Hari kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2019 sekaligus pencanangan Kampung KB percontohan (CoE/Center of Excellent) “Gurit Wetan” RW II Desa Jatimulyo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak, Rabu (30/10).
Bupati Demak HM. Natsir yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan, pernikahan di usia yang terlalu dini, akan menimbulkan dampak yang luas. Jika dilihat dari sisi kesehatan, perempuan yang menikah terlalu dini sangat rentan terhadap penyakit reproduksi. Begitupula dari sisi psikologis.
Dilanjutkannya, pasangan usia dini lebih rentan terjadi konflik yang dikarenakan emosi yang masih labil. “Tepat kiranya melalui deklarasi pencegahan perkawinan anak yang masih di bawah umur ini guna menyiapkan generasi berencana untuk masa depan yang sehat dan sejahtera,” terang dia.
Natsir berharap, anak-anak dapat terus melanjutkan pendidikannya, bersekolah dulu, kemudian baru menikah. Jika calon pengantin sudah matang dan siap, maka akan terlahir generasi yang cerdas dan komprehensif yaitu produktif, inovatif, sehat, dan berdaya saing unggul.
Ketua panitia Nani Amrin Singgih, SKM., M.Kes. menyampaikan, pencanangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan lingkungan di rumah dan pemukiman yang bersih dan sehat serta berkualitas dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) Kependidikan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan kesehatan. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.
Sedangkan secara khusus, lanjut Nani, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan Program sektor terkait.
Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, para Kepala OPD, Camat se Kabupaten Demak, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, para Kepala Puskesmas serta para Kades.
Pada kesempatan tersebut, diserahkan Ribuan sertifikat tanah dan 500 Kartu Identitas Anak (KIA) . (Humas Demak)

Bagikan