Oct 31

Keberadaan LKSA/LPSA Kurangi Angka Kemiskinan

DEMAK – Staf Ahli Bupati Demak Ir. Hari Adi Susilo, M.Si menghadiri Pelantikan Pengurus Forwil LKSA/PSAA Kabupaten Demak Periode 2019-2024 di Gedung IHM Demak, Rabu (30/10).
Pada kesempatan tersebut Hari menegaskan bahwa keberadaan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) atau Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) sangat dibutuhkan. Mengingat melalui lembaga tersebut, kemiskinan dapat dientaskan melalui jalur pendampingan kepada anak terlantar.
Ia berpesan, sebagai sebuah lembaga sosial yang menangani permasalahan sosial, seluruh pengurus LKSA/PSAA se-Kabupaten Demak harus mampu menciptakan beragam inovasi. Utamanya yang berkaitan dengan penanganan masalah sosial agar apa yang menjadi target dan standart pengasuhan nasional dapat tercapai.
“Berikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak secara maksimal. Besarkan hati mereka. Berikan pemahaman bahwa mereka tidak berbeda dengan anak lain. Support mereka. Dukung mereka. Ubah mindset bahwa dengan belajar sunggung-sungguh, mereka bisa menjadi yang terbaik. Menjadi sukses di kemudian hari dan pada akhirnya bisa membantu adik-adik mereka yang senasib,” ungkapnya.
Di akhir sambutannya, Hari mengajak untuk mengubah pandangan dan stigma masyarakat yang kurang sesuai terhadap penghuni panti asuhan. “Gandeng masyarakat untuk bisa menjadi orang tua pengganti bagi mereka,” katanya.
Sementara, Ketua Forum LKSA/PSAA Provinsi Jawa Tengah Budiyanto, SE berharap, panti asuhan tersebut bisa menjadi panti asuhan mandiri. Pengurus harus bisa menciptakan anak-anak yang mandiri. “ Mari kita berdayakan anak asuh panti untuk bisa menghasilkan suatu produk atau karya seperti batik, kue dan produk lainnya yang memiliki nilai jual. Dengan demikian kebutuhan finansial panti bisa dipenuhi secara mandiri,” terang dia.
Adapun ketua forum LKSA/PSAA Kabupaten Demak periode 2019-2024 yang dilantik adalah Istiqomah, S.Pd, dan wakil ketua Anwar, S.SIT. (Humas Demak)

Bagikan