Asisten Sekda Demak Hadiri Penyerahan Bus Listrik MAB

DEMAK – Plt. Asisten Administrasi Sekda Demak Hadi Waluyo, SH., M.Pd. menghadiri penyerahan Produksi Perdana Bus listrik MAB MD 12E NF kepada PT. Paiton Energy di Ex Garasi PO. Nusantara Karanganyar Demak, Sabtu (2/11).
Penyerahan dilakukan langsung oleh Founder MAB, Jendral TNI (Purn) DR H Moeldoko kepada Presiden Direktur Paiton Mr. Koichiro Miyazaki. penyerahan itu merupakan penjualan komersial yang dilakukan MAB berdasarkan servis procurement agreement yang telah ditandatangani pada tanggal 2 Juli 2019.
Sebelum diserahkan secara resmi, Mr Koichiro Miyazaki melakukan Factory Acceptance Test dan secara kualitas diterima baik oleh Paiton.
Menurut keterangan Moeldoko, Miyazaki pagi ini membeli satu, rencana akan tambah empat lagi. Selain itu, orderan dari beberapa perusahaan sudah banyak, dan dari pimpinan daerah, baik gubernur dan walikota.
Ia menjelaskan PT MAB akan menyiapkan kurang lebih 110 di tahun 2020. “Perusahaan yang lain akan merencanakan untuk mengambil,” jelasnya.
Moeldoko juga menjelaskan, PT. MAB didirikan pada pertengahan tahun 2017, PT Mobil Anak Bangsa (MAB) telah mengambil langkah nyata dan berpartisipasi katif mendukung program Pemerintah dalam Rencana Umum Energi Nasional Republik Indonesia, sesuai dengan komitmen Pemerintah dalam penandatanganan kesepakatan di Konferensi Perubahan iklim ke-21 di Paris Perancis 2015 silam. MAB telah memproduksi 3 prototype dan saat ini telah memperileh persetujuan uji type dari Kementerian Perhubungan Republik Indinesia dan sudah melakukan produksi secara komersial untuk kendaraan listrik.
Sementara itu, Presiden Direktur MAB Mayjen TNI (Purn) Leonard menjelaskan, Bus listrik MD 12E NF merupakan hasil keras keras MAB dalam mewujudkan kemampuan produksi bus listrik karya anak bangsa yang sudah diterima dengan baik oleh Paiton.
Selain itu, pihaknya akan terus memproduksi kendaraan listrik dengan berbagai tipe, baik berukuran 12 meter dan 8 meter, maupun kendaraan listrik angkutan umum yang berukuran lebih kecil dari 8 meter. “Kami berharap produksi kami akan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi polusi udara,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur PT Paiton Energy, Koichiro Miyazaki mengaku sangat senang dapat membeli bus listrik produksi PT MAB. Menurutnya, menggunakan kendaraan listrik merupakan kunci karena tidak menimbulkan polusi udara. “Saya senang dapat membeli bus listrik ini, kedepan kami akan membeli lagi produk buatan dari PT MAB,” katanya. (Humas Demak)

Bagikan