Nov 06

Wabup Demak Kukuhkan Pengurus Komisi Irigasi

DEMAK – Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto berikan ucapan selamat kepada Pengurus Komisi Irigasi Kabupaten Demak tahun 2019 yang baru saja dikukuhkan di Ghradika Bina Praja, Rabu (6/11).
Ia berharap, pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi Kabupaten Demak dapat meningkat. ”Wujudkan pengelolaan sistem irigasi secara tertib dan terpadu, sehingga dapat mendukung terwujudnya ketersediaan dan kedaulatan pangan Kabupaten Demak,” tegasnya.
Kepada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Demak, Wabup minta agar segera fasilitasi pelaksanaan tugas kegiatan atau program kerja komisi irigasi.
“Selamat bertugas kepada para anggota komisi irigasi Kabupaten Demak, rumuskan kebijakan di bidang irigasi dan kelola Sumber Daya Air dengan optimal, sehingga bencana kekeringan, atau krisis air bersih tidak terjadi,” pungkasnya.
Sekretaris Bappeda Litbang Kabupaten Demak Heru Prayitno, ST., M.Si. menjelaskan bahwa air merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi. Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, air juga dimanfaatkan sebagai irugasi. Irigasi pada dasarnya merupakan usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air guna menunjang pertanian.
Disampaikannya, sebagai upaya mewujudkan kedaulatan pangan sesuai misi Bupati Demak saat ini, hal itu tidak lepas dari irigasi. Dan Komisi Irigasi merupakan lembaga yang mewadahi komunikasi antara pemerintah, petani pemakai air, dan pengguna jaringan irigasi.
Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinputaru Kabupaten Demak Drs. Doso Purnomo, Kepala Dinpertan dan Pangan Kabupaten Demak Ir. Wibowo serta para Narasumber. (Humas Demak)

Bagikan