Kabupaten Demak Kembali Terima Penghargaan

JAKARTA – abupaten Demak peroleh penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. Penghargaan dari Menteri Kominfo RI Johnny G Plate diterima langsung oleh Bupati Natsir pada acara Awarding di Balai Sudirman, Menteng Dalam, Jakarta Selatan, Rabu (6/11).
Demak kini dinilai sangat bagus, sistematis dan representatif sehingga peroleh apresiasi tersebut. Penilaian diperoleh usai Bupati Natsir mempresentasikan masterplan serta pengembangan smart city Kabupaten Demak Di hadapan para penguji dari Kementerian Kominfo.
Dengan Smart City, Natsir berharap Demak akan semakin maju dalam bidang teknologi informasi untuk diterapkan dalam pekerjaan dan pelayanan kepada masyarakat. “Dari beberapa sistem aplikasi yang sudah ada saat ini sudah terintegrasi sehingga memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan,” imbuhnya.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Demak Dra. Endah Cahyarini, MM megatakan, Kabupaten Demak masuk menjadi 100 Kabupaten/Kota Smart City berdasarkan Penilaian kesiapan Daerah. Salah satunya Nilai Indeks Sistem Pengelolaan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memperoleh predikat baik yaitu 2,96.
Dijelaskannya, pada tahap awal tahun pertama, Kabupaten/Kota harus mampu menyusun masterplan Smart City yang menjadi pedoman Daerah dalam menjalankan gerakan Smart city. Tahun ke dua, Kabupaten/Kota akan dievaluasi dari implementasi masterplan jangka menengah.
Evaluasi akan terus dilakukan oleh kementerian Kominfo dua kali setahun. “Untuk Demak sendiri juga akan dilakukan evaluasi setiap tahunnya sampai pada pelaksanaan jangka panjang yaitu tahun 2030” papar Endah. (Humas Demak)

Bagikan