Istambul Demak, Hidden Of Paradise

DEMAK – Kabupaten Demak memiliki potensi yang luar biasa. Bagai surga yang tersembunyi, di Demak ada Pantai Istambul atau dengan nama lain pantai Glagah Wangi yang mana beberapa tahun terakhir menjadi primadona warga Demak dan sekitarnya untuk mengisi liburan.
Camat Karangtengah Sofyan, SE.Apt. saat ditemui disela kesibukannya pada Jum’at (8/11) mengungkapkan apresiasinya terhadap pengelolaan BUMDes setempat. “BUMDesnya betul-betul profesional sehingga bisa mensejahterakan masyarakat yang ada di desa ini khususnya,” kata Sofyan.
Ia berharap adanya penambahan tracking mangrove serta wahana yang lainnya sehingga pantai Istambul ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat lokal saja tetapi seluruh dunia mengenalnya. Selain itu, lanjut Sofyan, dengan adanya obyek wisata tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.
Ketua BUMDes Tambak Bulusan Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak, Musahadi menceritakan bahwa nama Istambul adalah singkatan dari Istana Tambak Bulusan, diambil dari nama desa tempat pantai ini berada, yaitu Desa Tambak Bulusan, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Demak. Sementara untuk nama glagah wangi diambil dari nama sebuah tempat hutan yang dahulu menjadi cikal bakal berdirinya kerajaan Demak.
Disampaikan oleh Musahadi, pantai tersebut menawarkan tiga penagalaman berwisata sekaligus, yaitu naik perahu menyusuri hutan bakau/mangrove, jembatan papan untuk jalur (track) jalan kaki dibawah rimbun hutan bakau, dan pantai berpasir dengan ombak yang relatif tenang. Ketiga pengalaman tersebut bisa dinikmati hanya dengan membayar dua belas ribu rupiah saja sudah termasuk tiket masuk.
“Bagi yang ingin menyusuri pantai dengan cara yang lebih menantang, kami juga menyediakan ATV agar liburannya semakin seru,” imbuhnya.
Mushadi menambahkan, pihaknya akan terus mengembangkan obyek wisata tersebut agar pengunjung terus bertambah. Dalam jangka waktu 1,5 bulan terakhir ini jumlah pengunjung mencapai 15 ribu orang.
“Ke depan kami akan kembangkan tempat ini sebagai camping zone dan outbond,” tegasnya.
Selain Istambul, obyek wisata pantai yang wajib dikunjung ketika berada di Demak antarta lain wisata reduksi di desa Kewdung Mutih dan Babalan Kecamatan Wedung, Pantai Morodemak Kecamatan Bonang serta Pantai Morosari Kecamatan Sayung. (Humas Demak)

Bagikan