Hadiri Workshop, Sekda Demak Ajak Warga Menahan Diri

DEMAK – Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes. mengajak warga agar mampu menahan diri untuk membuka aib orang lain. Hal itu disampaikan saat workshop motivasi diri menuju ukhuwwah islamiyyah yang berlangsung di Masjid At Taqwa Kedungwaru lor, Sabtu (9/11).
Singgih menjelaskan, kita harus bisa menutup aib saudara seiman. Setiap manusia punya cacat aib dan kekurangan serta kelemahan. Jangan sampai seperti kata pepatah, gajah di pelupuk mata tidak tampak, kuman di seberang lautan tampak.
”Mari kita jaga kehormatan mereka. Maafkan saudara seiman. Bila ada salah persepsi atau salah paham, kita maafkan, lupakan kesalahannya dan doakan yang baik,” ajak Singgih.
Dilanjutkannya, Sebaik baiknya manusia yang berbuat salah adalah segera menyadari, meminta maaf dan bertaubat. Setiap manusia mempunyai kelernahan dan pasti pernah mengalami kesulitan. ”Disaat sulit banyak orang meninggalkan kita. disaat itulah seseorang butuh sahabat muslim untuk membantu mengangkat diri dari kesakitan tersebut apapun bentuknya,” imbuhnya.
Singgih juga mengajak untuk mendoakan sesama muslim baik semasa hidup maupun setelah wafat karena, doa yang baik akan kembali kepada kita yang mendoakannya. Itulah yang dinamakan ukhuwwah islamiyyah atau persatuan dalam islam.
Disampaikan oleh Singgih, Rasullullah bersabda, perumpamaan orang orang yang beriman dalam hal saling mencintai, menyantuni sesama mereka adalah laksana kesatuan tubuh. Apabila satu bagian dari tubuh itu menderita sakit, maka seluruh badan turut merasakannya (HR. Muslim).
Hadir pada kesempatan tersebut, Camat karanganyar, Sekcam Karanganyar beserta forkopimcam serta warga desa Kedungwaru dan jamaah Masjid Attaqwa. (Humas Demak)

Bagikan