Harapan Pemkab Demak Pada Peluncuran ‘SIRA BLANGKON’
>
>
Harapan Pemkab Demak Pada Peluncuran ‘SIRA BLANGKON’

DEMAK – Asisten Pemerintahan Ahmad Nur Wahyudi, SH.,MH berharap agar pilbup Pada 23 September 2020 mendatang bisa berlangsung tertib dan demokratis. Hal itu terungkap saat Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak tahun 2020 di Gedung IPHI Kabupaten Demak, Rabu (13/11).
”Saya minta kepada seluruh hadirin untuk bersama-sama mensukseskan pilbup 2020. Ini sangat penting, mengingat keberhasilan pilbup nanti akan menjadi landasan bagi kehidupan politik kita di masa depan. Dan salah satu faktor penentu suksesnya pilbup adalah tingkat partisipasi pemilih,” katanya.
Dijelaskan, KPU Demak sendiri menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada pilbup 2020 nanti sebesar 77,5%. Lebih tinggi dari tingkat partisipasi pemilih pada pemilukada 2015 yang hanya 68%. ”Kita harus optimis target tersebut bisa tercapai. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan dukungan seluruh pihak. Saya berharap, panjengan semua ikut berperan aktif mensosialisasikan tahapan pilbup ini. Termasuk didalamnya memberikan pendidikan politik ke masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pilbup 2020 mendatang. Sehingga seluruh warga Demak dapat menggunakan hak pilihnya,” terang Yudi.
Tak hanya partisipasi pemilih, ia juga berharap masyarakat mau dan mampu menjaga kondusifitas wilayah menjelang hingga pasca pilbup nanti. ”Berbeda pilihan dan pendapat adalah hal yang biasa. Namun, jangan sampai perbedaan pendapat dan pilihan menjadi sumber perpecahan,” pungkas Yudi.
Pada kesempatan itu juga diluncurkan maskot yang diberi nama ‘Sira Blangkon’ dan jingle Pilkada Kabupaten Demak 2020.
Menurut Siti Ulfaati, Komisioner KPU Demak Devisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat menjelaskan, ‘Sira Blangkon’ merupakan perpaduan ekosistem lokal dengan ciri khas kebudayaan Demak. ‘Sira Blangkon’ merupakan singkatan dari Si Rajungan dan Blangkon.
Maskot yang diluncurkan KPU Demak berupa gambar rajungan lengkap dengan pakaian Jawi Jangkep, pakaian adat Demak diera kesultanan Bintoro Demak. Tentu pakaian khas Demak ini sudah seharusnya dilestarikan atau diuri-uri. Kemudian rajungan merupakan salah satu produksi perikanan kota wali yang kini telah mendunia, bahkan dari data statistik perikanan tangkap wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) Kabupaten Demak merupakan salah satu penghasil rajungan terbesar di Indonesia.
‘Sira Blangkon’ dipersonifikasi dengan mimik tersenyum untuk memberikan kesan positif penyelenggaraan Pilkada Demak 2020. Besar harapan dari proses pemillihan Bupati dan Wakil Bupati Demak tahun 2020 nanti diharapkan terpilih pemimpin yang bisa membawa Demak lebih maju lagi. Seperti tagline yang di usung oleh KPU Demak dalam pilkada Demak tahun 2020, yaitu ‘Tinta Ungu untuk Demak Maju. Pungkas Ulfa. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart