Adukan Pemasalahan Layanan Publik Di HALLO DEMAK

DEMAK – Pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi atau badan publik belum terkelola secara efektif dan terintegrasi. Masing-masing organisasi penyelenggara mengelola pengaduan secara parsial dan tidak terkoordinir dengan baik. Akibatnya terjadi duplikasi penanganan pengaduan, atau bahkan bisa terjadi suatu pengaduan tidak ditangani oleh satupun organisasi penyelenggara, dengan alasan pengaduan bukan kewenangannya. Oleh karena itu, untuk mendukung Program Smart City kabupaten Demak dan mewujudkan good governance maka perlu untuk mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam satu pintu.

Untuk itu Pemerintah kabupaten Demak melalui dinas kominfo mensosialisasikan “Hallo Demak” sebagai sarana penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat, melalui publikasi pemasangan baliho di titik strategis dan iklan layanan masyarakat distasiun radio lokal.
Kepala Dinas Kominfo Demak Endah Cahyarini mengatakan “LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015. Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aduan tentang layanan publik atau melaporkan fasilitas publik yang rusak silahkan untuk memanfaatkan sarana ini”.

” Gunakanlah sarana pengaduan ini dengan bijak dan bahasa yang santun serta hindari laporan yang bersifat hoax dan provokasi” tambahnya.

Sementara isi pesan dalam baliho sosialisasi tersebut mengajak masyarakat untuk melaporkan permasalahan dalam layanan publik melalui “Hallo Demak” dengan mengikuti 3 cara yang mudah. Cara 1 Download Aplikasi Sp4n Lapor di Playstore. Cara 2 daftar lewat Website Lapor.go.id dan cara ke 3 Lewat SMS ketik “HALLO DEMAK”(spasi)ADUAN ANDA Kirim ke 1708. (kominfo)

Bagikan