Himbauan Bupati Demak Saat Launching Aplikasi Verval ATS

DEMAK – Jangan sampai di Demak ada anak yang tidak sekolah. Demikian disampaikan Bupati Demak HM. Natsir saat Launching Aplikasi Verval ATS melalui Apilikasi SIEDIK yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Demak, Selasa (3/12).
Guna mewujudkan Demak Bebas Anak Tidak Sekolah, Natsir menjelaskan, dibutuhkan kerjasama seluruh elemen masyarakat. Utamanya para Sekretaris Desa yang selalu berhadapan langsung dengan masyarakat.
Oleh karena itu, Bupati minta kepada semua yang hadir, utamanya para Sekdes untuk bisa melaporkan jika ada anak usia sekolah (usia 5 tahun hingga 18 tahun) yang tidak sekolah atau putus sekolah.
Disampaikan, saat ini ada aplikasi Verval ATS melalui Aplikasi SIEDIK. Dimana melalui aplikasi tersebut, bisa dilaporkan jika ada anak tidak sekolah yang belum terdeteksi. ”Saya minta panjenengan semua bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi ini. Tunjukkan kepedulian saudara demi terwujudnya Demak Bebas Anak Tidak Sekolah,” tegas Natsir.
Sekretaris Daerah kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes menghimbau agar usai kegiatan launching ini semua yang hadir utamanya para Sekdes langsung mendata anak usia sekolah yang tidak sekolah yang berada di daerahnya untuk dilaporkan di http://siedik.demakkab.go.id/ats.
Kemudian, lanjutnya, dari data tersebut akan dilakukan penanganan lebih lanjut. ”Mari kita sadari bahwa ini adalah masalah kita bersama. Kita harus bertekad untuk berubah menjadi lebih baik. Buat perencanaan yang baik dan tim yang efektif agar masalah ini tersolusikan,” tegasnya.
Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak Drs. Eko Pringgolaksito, M.Si mengatakan bahwa di Demak terdapat 26 ribu lebih anak usia sekolah yang tidak sekolah.
Disampaikan, upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya adalah dengan menggandeng GNOTA, BAZNAS, serta pihak lain. Hal itu bertujuan agar anak usia sekolah di Kabupaten Demak tidak ada yang putus sekolah. Atau bahkan ada yang tidak sekolah. Sehingga target kita untuk Demak Bebas Anak tidak Sekolah (ATS) bisa terwujud. (Humas Demak)

Bagikan