Pelantikan BWI Kabupaten Demak Masa Jabatan 2019-2022
>
>
Pelantikan BWI Kabupaten Demak Masa Jabatan 2019-2022

DEMAK – Wakil Ketua Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Musman Dr. Tholib, M.Ag. melantik Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Kabupaten Demak masa jabatan 2019 – 2022 di Ballroom Gedung Wakil Bupati, Selasa (17/12).
Sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Drs. Muhammad Asyiq, anggota Muhaimin, S.Pd.I dan Anang Badrul Kamal, S.Sos.M.Si. Ketua Badan Pelaksana Dr. Abdul Kholiq, MT, Wakil Ketua Ali Sugiyanto, S.HI., MM. Sekretaris Sujati, S.AG., M.Pd., Bendahara Masyhuri, BA.
Musman mengatakan, Kabupaten Demak terkenal banyak tanah wakaf. Tanah wakaf yang terdaftar berjumlah 3.977 lokasi, sedangkan yang sudah bersertifikat baru 71 % yakni sejumlah 2.854, dan masih 1.123 belum bersertifikat.
”Oleh karena itu tugas pertama kali dari BWI yaitu menginventarisir, mensertifikasi, memberdayakan, dan menyelesaikan sengketa yang terjadi,” kata Musman.
Menurutnya sekarang ini tanah wakaf digunakan untuk tempat ibadah dan pendidikan saja. Ia menghimbau tanah wakaf bisa dikembangkan lagi untuk hal yang produktif, misalnya peternakan.
”Hal ini dimaksudkan supaya bisa untuk mengurangi kemiskinan, mengingat di Kabupaten Demak tingkat kemiskinannya masih tinggi,” ujarnya.
Ditambahkannya, perlu ada sosialisasi tentang wakaf. Perlu ada kemitraan dengan Camat dan yang lainnya.
”Tanah wakaf harus ada pengecekan kembali. Yang belum sertifikasi harus segera di sertifikasi dan di usahakan ada IMB nya. Semoga Kota Wali ini Muncul lebih baik lagi dengan kepengurusan yang baru dilantik ini,” pesan Musman.
Plt. Asisten Administrasi Setda Hadi Waluyo, SH.M.Pd. berharap keberadaan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Demak dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.
“Aset wakaf yang ada harus dikembangkan secara produktif. Gali dan manfaatkan potensi yang ada. Selesaikan permasalahan tanah wakaf yang masih terbengkalai,” kata Hadi.
Kepada pengurus yang baru, Ia meminta untuk menghidupkan kembali wakaf yang telah berjalan sebelumnya, agar dapat berkontribusi untuk kesejahteraan ummat. “Selalu lakukan komunikasi, koordinasi dan konsultasi dengan kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak,” pungkasnya. (Humas Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart