Harapan Bupati Demak Saat Lantik 6 Kades
>
>
Harapan Bupati Demak Saat Lantik 6 Kades

DEMAK – Bupati Demak HM. Natsir melantik dan mengambil sumpah jabatan enam Kepala Desa terpilih pada pemilihan Kepala Desa gelombang III tahun 2019 Kabupaten Demak masa jabatan 2019-2025.
Pada kegiatan yang berlangsung di Pendopo Satya Bhakti Praja Kabupaten Demak, Senin (30/12) tersebut Natsir berharap, momentum pelantikan Kades ini dapat menjadi motivasi untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab untuk membawa perubahan positif dalam upaya memajukan desa.
Dikatakan, Desa memiliki kewenangan menetapkan Peraturan desa (Perdes). Maka dibutuhkan kepemimpinan Kepala Desa yang inovatif, mumpuni, memahami kebutuhan desa serta mampu memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan. Jabatan kepala desa merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan kemasyarakatan.
Disampaikan, seorang Kepala Desa harus mampu bersinergi dengan Pemerintah Daerah. Mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat desa, demi kemajukan desa dan warganya. Utamanya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka program pengentasan kemiskinan.
Natsir juga menjelaskan, Pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa harus menjadi perhatian khusus seorang Kades. “Libatkan masyarakat dalam setiap proses pembangunan. Tumbuhkan iklim demokratisasi di kalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang kehidupan masyarakat desa,” katanya.
“Tingkatkan terus komunikasi, koordinasi dan konsultasi dengan seluruh pihak. Baik itu dengan masyararakat, BPD, maupun elemen masyarakat lainnya. Sebagai kepanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten, saudara harus benar-benar bisa menjalankan fungsi pemerintahan dengan baik, serta dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” pesan Bupati.
“Berdisiplinlah dalam menjalankan tugas sesuai dengan aturan. Jangan hanya cari enaknya saja, tetapi pekerjaan tidak dilaksanakan secara maksimal. Saya tidak ingin ada laporan negatif dari masyarakat terkait dengan kinerja Kepala Desa,” tegas Natsir.
“Saya tekankan, bahwa saudara harus bisa menjadi teladan. Harus bisa menjadi sosok yang “dituakan”. Harus peka dan peduli terhadap segala persoalan yang terjadi di desa yang menjadi wilayahnya. Mengingat kepala desa adalah orang yang pertama mengetahui kejadian-kejadian di wilayah desanya,” pungkasnya.
Adapun enam Kades yang dilantik, antara lain, Sutikno,SE Kades Batursari Kecamatan Mranggen, Suryo Priyono, SP Kades Kuripan Karangawen, Ahmad Saifudin Ridwan Kades Kerangkulon Wonosalam, Siswanto, S.Kep. kades Harjowinangun Dempet, Fathiyaturrohmah Imah Candrawati Kades Berahan Kulon Wedung dan Moehtarom Kades Babad Kebonagung. (Humas Demak)

Bagikan

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart