Grebeg Sampah, Komitmen Bersama Tanggulangi Sampah
>
>
Grebeg Sampah, Komitmen Bersama Tanggulangi Sampah

DEMAK – Berawal dari keprihatinan yang mendalam atas kondisi sampah di Kabupaten Demak , Pemkab Demak melalui Dinas menggelar Grand Launching Gerakan Resik Resik Bebarengan Garap Sampah (GREBEG SAMPAH) di pendopo kabupaten demak, Rabu, (12/02/20).
Acara ini untuk Mensosialisasikan intruksi bupati Demak Nomor 3 tahun 2019 tanggal 5 Desember 2019 tentang pengelolaan sampah di Desa. Hadir secara langsung Bupati Demak , HM Natsir dan Wabup Drs. Joko Sutanto serta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak.
Dalam sambutannya, Bupati Demak, HM Natsir menghimbau kepada seluruh kepala desa untuk membuat peraturan desa tentang pengelolaan sampah. “Paling lambat pertengahan tahun ini sudah ada perdes tentang pengelolaan sampah, sehingga pada tahun 2021 bisa langsung ditindaklanjuti dengan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat yang dimana outputnya adalah pengelolaan sampah”.
HM Natsir pun berharap agar grebeg sampah tidak hanya menjadi sebuah ceremonial belaka. Namun ditindaklanjuti dengan perubahan pola pikir dan sikap, utamanya dalam pengelolaan sampah. “Harus ada perubahan pola pikir dan sikap. Ayo dukung pemerintah kabupaten demak menuju Demak yang bersih dan Sehat. Mari pertahankan komitmen kita. Pungut, pilah, olah. Sampahku Tanggungjawabku”, terangnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak, Bp. Drs. Agus Musyafak, M.Si mengatakan GREBEG SAMPAH atau Gerakan Resik Resik Bebarengan Garap Sampah Kanti Paripurno Ning Deso adalah suatu gerakan moral aksi bersama, serempak, dalam kegiatan bersih-bersih, berbenah, menggarap sampah secara paripurna di desa. Gerakan ini merupakan awal dari gerakan pengelolaan sampah secara paripurna yang menjadi sasaran utama adalah perubahan perilaku warga desa akan kesadaran hidup bersih dan sehat.
Tujuan diadakan acara ini diharapkan adanya Perubahan paradigma dalam mengelola sampah rumah tangga menuju paradigma 3R (reduce, reuse, recyle) melalui kaidah perilaku hidup bersih, sehat, dan pengelolaan sampah yang diatur di tingkat desa melalui peraturan desa atau di perdeskan:”, pungkasnya. (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Demak)

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart