Pemkab Demak Gelar Musrenbangkab
>
>
Pemkab Demak Gelar Musrenbangkab

DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak gelar Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab) dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2021 di Gedung Ghradika Bina Praja, Senin (23/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Demak HM. Natsir, Wakil Bupati Demak, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Jajaran Forkopimda Kabupaten Demak, Camat se Kabupaten Demak, serta Kepala Perangkat Daerah.

Tujuan diselenggarakannya Musrenbangkab tersebut adalah untuk membahas dan menyepakati prioritas program atau kegiatan pembangunan Kabupaten Demak Tahun 2021. Sedangkan hasil musrenbangkab akan menjadi dasar bagi penyempurnaan rancangan akhir RKPD Kabupaten Demak Tahun 2021.

Bupati Demak, HM. Natsir mengatakan tema RKPD tahun 2021 adalah percepatan pembangunan menuju masyarakat Demak yang agamis dan sejahtera. Sedangkan isu strategis 2021 adalah kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, pengangguran, pembangunan manusia, pembangunan gender, serta pemerataan infrastruktur dan pengembangan wilayah.

“Tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kabupaten Demak berfokus pada peningkatan laju pertumbuhan ekonomi, penekanan angka kemiskinan, mengurangi tingkat pengangguran, indeks pembangunan manusia dan gender sesuai target, serta meningkatkan infrastruktur dan pengembangan wilayah”. Papar Bupati.

Bupati berharap dalam menghadapi isu strategis 2021 Pemkab Demak dapat menekan angka inflasi hingga 5 persen. Penduduk miskin di Kabupaten Demak dapat ditekan hingga menjadi 8,6 persen dan tingkat pengangguran terbuka menjadi 4,77 persen. Sementara, pertumbuhan ekonomi mencapai 6,7 persen; Indeks Pembangunan Manusia mencapai 71.2 persen; dan Indeks Pembangunan Gender dapat mencapai 90,40 persen. Selain itu juga terjadi pemerataan infrastuktur dan penegmbangan wilayah.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Demak, Suhasbukit, SH, MM. mengatakan sebelum pelaksanaan musrenbangkab, telah dilaksanakan pra-musrenbangkab berupa forum OPD/lintas OPD selama empat hari, dari tanggal 16-19 Maret 2020 yang membahas tentang Rancangan Renja OPD. “Kegiatan Forum OPD/lintas OPD merupakan proses lanjutan dari musrenbangcam yang telah dilaksanakan secara serentak melalui videoconference tanggal 20 Februari 2020”. Terang Bukit.

Bukit menambahkan RKPD Kabupaten Demak Tahun 2021 selain mengakomodir usulan prioritas program/kegiatan sektoral dari OPD, usulan program/kegiatan prioritas dari hasil musrenbangcam juga memperhatikan saran dan pendapat. “mengingat RKPD Tahun 2021 merupakan  tahun terakhir pelaksanaan RPJMD, maka diharapkan program/kegiatan yang diusulkan benar-benar memprioritaskan pada indikator kinerja daerah, di antaranya kemiskinan, pengangguran, pertumbujan ekonomi, peningkatan kualitas SDM, pembangunan gender, maupun peningkatan infrastruktur dan pengembangan wilayah”. Harap Bukit.

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart