KPU Gelar Sosialisasi Dalam Rangka Pengamanan Pilkada
>
>
KPU Gelar Sosialisasi Dalam Rangka Pengamanan Pilkada

DEMAK – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah ( Pilkada) Kabupaten Demak diakhir tahun ini , KPU dan Kodim 0716/Demak menggelar sosialisasi pengamanan Pilkada. Hadir selaku narasumber Komisioner KPU Demak Hastin Atas Asih, Senin ( 24/8/20) di Aula Makodim diikuti seluruh anggota babinsa dengan mematuhi protokoler kesehatan.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh M.Ufiz menyampaikan Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh babinsa yang nantinya akan terjun langsung dalam rangka memegang teguh netralitas TNI sekaligus proses penyelenggaraan Pemilu dengan segala kerawanan yang bisa terjadi.
“TNI tidak memilih alias netral, namun demikian TNI harus tahu bagaimana proses pelaksanaan Pemilu dan kerawanannya, sehingga bisa menyiapkan langkah antisipatif,” ucap Dandim.

Pada kesempatan tersebut Hastin menyampaikan, Dalam mekanisme pilkada ada beberapa tahapan yang krusial dan berpotensi terjadi gejolak.
Seperti tahapan pencalonan, tahapan pemungutan dan penghitungan suara, hingga rekapitulasi hasil penghitungan suara serta penetapan paslon terpilih.
“Karena itu untuk mewujudkan penyelenggaraan pilbup Demak yang lancar, aman , damai serta sehat dibutuhkan peran aktif dan dukungan seluruh elemen masyarakat, TNI, polri dan seluruh stakeholder” Ujar Hastin.

Diketahui bahwa pilkada serentak semestinya dilaksanakan pada tanggal 23 September, namun adanya pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini KPU Pusat menunda pelaksanaan pesta demokrasi tersebut dan memutuskan 9 Desember mendatang termasuk pilkada kabupaten Demak. (Kominfo).

Bagikan
Jam (Aktif) With JavaScript

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart