Sekda Demak Serahkan 11 Ribu Bibit Kelapa Kepada Petani – KABUPATEN DEMAK

Jul 04

Sekda Demak Serahkan 11 Ribu Bibit Kelapa Kepada Petani

DEMAK – Sebanyak 11.000 bibit pohon Kelapa diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. singgih Setyono, M.Kes kepada perwakilan kelompok tani di seluruh Kabupaten Demak. Hal itu dilakukan saat sosialisasi pengembangan tanaman kelapa Kabupaten Demak tahun 2018 di sanggar pramuka Kabupaten Demak, Rabu (4/7). Kegiatan yang diikuti 200 petani tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak.
Pada kesempatan tersebut Singgih menyampaikan, pada tahun 2016 lalu, kebutuhan kelapa di Kabupaten Demak mencapai lebih dari 109 ribu butir setiap hari atau lebih dari 33 juta butir tiap tahunnya. Sedangkan Demak hanya mampu menghasilkan sekitar dua ribu butir kelapa setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan peluang komoditas ini masih sangat besar.
“Saya sangat apresiatif dengan sosialisasi ini. Harapannya, selepas kegiatan ini, makin banyak petani di Kabupaten Demak yang menanam kelapa. Mengingat saat ini hanya petani di Desa Jamus Mranggen dan Kecamatan Karanganyar saja yang menanam pohon serba guna ini. Kedepan, saya berharap penyebaran pohon kelapa dapat merata di seluruh wilayah Kabupaten Demak”, ungkapnya.
Orang nomor 3 di Demak ini menyadari bahwa butuh dukungan seluruh pihak, untuk membuat kelapa menjadi salah satu komoditas perkebunan unggulan selain tembakau. ”Saya minta kepada dinas terkait untuk dapat memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada para petani secara berkala. Berikan informasi secara tepat dan akurat tentang cara penanaman dan pengelolaan kelapa yang benar hingga pengelolaan pasca panen. Termasuk didalamnya adalah berbagai faktor yang mengakibatkan rendahnya produktivitas kelapa. Dengan demikian secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Demak”, jelasnya.
Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Ir. Wibowo, MM menjelaskan bahwa Demak merupakan daerah pesisir yang sangat berpotensi untuk dikembangkan tanaman kelapa. ”Selama ini kebutuhan kelapa di Kabupaten Demak didatangkan dari luar daerah. Dengan alasan tersebut kegiatan ini diselenggarakan agar para petani di Demak berminat untuk menanam kelapa sehingga bisa mendapatkan hasil yang bisa mendukung perekonomian masyarakat serta kebutuhan kelapa di Demak bisa tercukupi tanpa harus mendatangkan dari daerah lain” beber Bowo.
“Pada kegiatan sosialisasi kali ini mendatangkan pembicara dari Balai Perlindungan tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Muji Selamet, SP sehingga petani tau bagaimana cara menanam dan merawat tanaman kelapa dengan baik” pungkas Bowo. (Humas Demak).